PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI LUWU
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Citizen terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar PPKn siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Luwu. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental post-test only control group desing. Populasi penelitian ini adalah 114 siswa kelas X dengan sampel penelitian 32 siswa X IPA 1 dan 30 siswa kelas X IPA 3 Madrasah Aliyah Negeri Luwu. yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa skor rata-rata keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa 80.468 dan 83.812 untuk kelas eksperimen dan 72.833 dan 73.833 untuk kelas control. Artinya kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol dalam hal pencapaian keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar mereka. Selain itu, nilai F- Wilk’ Lambda = 49.782. Karena nilai sig (p = 0.0 < 0.05), hipotesis nol (H0) ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Project Citizen terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.