STUDI LITERATUR PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X

Main Article Content

Indahhul Mawaddah
Rahmadhani Fitri
Sa'diatul Fuadiyah

Abstract

 


Lanskap pendidikan di abad ke-21 ditandai dengan pergeseran ke arah pembelajaran yang berpusat pada siswa. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengembangkan model pembelajaran yang efektif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Praktik ceramah yang terus menerus dilakukan oleh para guru telah diamati dapat menimbulkan rasa bosan di antara para siswa dan kemudian mengurangi tingkat keingintahuan mereka. Kerangka kerja pendidikan ini menanamkan kemampuan kepada para siswa untuk terlibat dalam pemikiran kritis dan secara mandiri mengatasi tantangan-tantangan yang kompleks. Pembelajaran discovery learning adalah pendekatan instruksional yang mendorong keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran di antara para siswa. Penelitian ini meneliti bagaimana pembelajaran berbasis penemuan dapat meningkatkan pembelajaran biologi di kelas X. Metode pembelajaran disovery learning diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan, pemahaman, dan prestasi akademik siswa. Penelitian ini melibatkan survei terhadap lima artikel terbitan berkala terkait, yang masing-masing memiliki International Standard Serial Number (ISSN). Temuan dari tinjauan pustaka menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X. Hal ini didukung dengan adanya peningkatan hasil belajar yang teramati.

Article Details

How to Cite
Indahhul Mawaddah, Rahmadhani Fitri, & Sa’diatul Fuadiyah. (2023). STUDI LITERATUR PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X. JURNAL ILMIAH PENA, 14(1), 70-74. Retrieved from https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jip/article/view/185
Section
Articles
Author Biographies

Indahhul Mawaddah, Universitas Negeri Padang

 

 

Rahmadhani Fitri, Universitas Negeri Padang

 

 

Sa'diatul Fuadiyah, Universitas Negeri Padang