UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS X1 MAN LUWU KAB. LUWU
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif Jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Luwu kab. Luwu pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 di bulan November 2022 dengan Subjek penelitian adalah siswa kelas X1yang terdiri dari 25 siswa. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif Jigsaw merupakan suatu model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X1 MAN Luwu kab. Luwu. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh hasil penelitian dari siklus I ke siklus II, yaitu Rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dari 71,00 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi sebesar 2,79 menjadi 79,40 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi sebesar 1,69serta peningkatan persentase siswa yang tuntas dari 56% menjadi 84%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas X1 MAN Luwu kab. Luwu melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.