ANALISIS PERAMALAN PENJUALAN DAIHATSU DI KOTA MAKASSAR DALAM RANGKA PERENCANAAN

Isi Artikel Utama

Muhlis

Abstrak

PT. Astra International Tbk – Daihatsu cabang Makassar memiliki jenis pola data penjualan yang berfluktuasi tidak beraturan. Hal ini disebabkan beberapa jenis produk Daihatsu yang kurang laku terjual serta kondisi ekonomi yang tidak menentu dapat mempengaruhi tingkat permintaan mobil di Indonesia. Melalui analisis peramalan dengan menggunakan metode time series dalam penelitian ini kita dapat melihat bagaimana kemungkinan pencapaian penjualan produk- produk Daihatsu PT. Astra International Tbk – Daihatsu cabang Makassar satu tahun kedepan, sehingga perusahaan dapat menjadikan peramalan sebagai acuan merencanakan anggaran pendapatan yang tepat di masa mendatang. Berdasarkan pemilihan metode terbaik untuk melakukan peramalan tersebut, peramalan digunakan sebagai acuan dalam perencanaan anggaran pendapatan untuk dilakukan proses perencanaan keuangan selanjutnya. Untuk perencanaan laba-rugi PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Makassar tahun 2019 diproyeksikan laba bersih sebesar Rp 7.475.487.394,12 dan perencanaan kebutuhan keuangan PT. Astra International Tbk – Daihatsu cabang Makassar tahun 2019 diproyeksikan total aktiva dan passiva masing-masing sebesar Rp 65.671.992.037,82.


Diharapkan perusahaan harus dapat mempertahankan efisiensi atas biaya- biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan operasional dan strategi keuangan yang telah dilakukan saat ini serta dapat merumuskan kebijakan dan strategi yang lebih tepat nantinya. Hal yang penting untuk dilakukan perusahaan adalah menentukan kebijakan untuk melakukan investasi baik investasi jangka pendek maupun investasi jangka panjang untuk memaksimalkan nilai perusahaan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Muhlis. (2022). ANALISIS PERAMALAN PENJUALAN DAIHATSU DI KOTA MAKASSAR DALAM RANGKA PERENCANAAN. EKONOMEKTRIKS, 5(2), 126-131. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/76
Bagian
Articles

Referensi

Artwodini. M. DKK. 2015. Analilsis peramalan penjualan Semen non Curah (ZAK) PT Semen Indonesia (Persero) TBK pada area jawa timur. Jurnal. Depertemen Tekhnologi informasi Institut Tkhnologi Sepuluh November Surabaya.

Fandiyah.L.V. 2018.Peramalan penjualan dalam rangka perencanaan produksi (Studi kasus PT.Citra Sukses Mandiri Sentani.JUrnal.Depertemen Akutansi universitas MuhammadiyahPonorogo.

Ginting, B. G. 2009. Peramalan pendapatan kecamatan berastagi dari sektor pajak hotel untuk tahun 2009. Departemen matematika fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam universitas sumatera utara medankecap manalagi denpasar bali . Jurusan teknologi industri pertanian

Makmur & Saprijal Tanpa Tahun.Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan (Studi Pada S-Mart Swalayan Pasir Pengaraian).FakultasEkonomi Universitar psir pengairan.

Martono, Agus Harjito, 2018 .Manajemen keuangan. Edisi Pertama Cetakan Kelima, Ekonisia, Yogyakarta

Ni P. L. 2015. Analisis peramalan penjualan produk kecap pada perusahaan

Paruntu. S. DKK. Tanpa tahun.Analisis Ramalan Penjualan Persedian Peroduk Sepeda Motor Suzuki pada Pt Sinar Galesong Mandiri Malalayang.Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi.

Risal, M. 2015.Perencnaan dan peramalan keuangan. 5 November 2015 (http://mfahrisal.blogspot.com/2015/11/perencanaan-peramalan-

keuangan.html). Diakses pada tanggal 18 2019.

T.lia.http://kotakatatian.blogspot.com/2011/12/peramalan-forecasting-statistika-

dan.html.diakases pada tanggal 9 2019

Thohir. A. 2011, Analisis peramalan penjualan minyak sawit kasar atau crude palm oli (CPO) pada PT karisma pemasaran bersama (KPB) nusantara dijakarta.Program studi agrabisnis.Skripsi.Fakultas Sains dan Tekhnologi universitas AIslam Negri syarif hidayatullah Jakarta

Yani , D. I. 2009. Analisis peramalan penjualan daihatsu pt.astra international tbk – daihatsu cabang bogor dalam rangka perencanaan keuangan. Departemen manajemen fakultas ekonomi dan manajemeninstitut pertanian bogor.

Adisaputro, G dan M. Asri. 2003. Anggaran Perusahaan. buku 1.

BPFE- Yogyakarta, Yogyakarta

Aldina, A. 2008. Analisis Peramari 2007.