PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP NEGERI 2 MAKASSAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi Sosialguru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 2 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah kompetensi Sosial guru (X) dan hasil belajar siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX IPS sebanyak 153 orang. Sampel dalam peneliti ini yakni kelas kelas IX IPS 1, IX IPS 2, IX IPS 3, IX IPS 4 sebanyak 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan program SPSS 20.0 For windows.
Hasil penelitian menunjukkan pada analisis regresi sederhana diperoleh persamaan Ý = 19,847 + 0,418X, pada uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dan pada koefisien determinasi diperoleh nilai 0,272, yang berarti kompetensi Sosialguru berpengaruh positif dan signifikan serta berkontribusi 27,2 persen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 2 Makassar
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Enni. (2022). PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP NEGERI 2 MAKASSAR. EKONOMEKTRIKS, 5(2), 116-121. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/74
Bagian
Articles
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Ahmad, Jamaluddin. 2015. Metode Penelitian Administasi Publik. Yogyakarta: Gava Media
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Bafadal, Ibrahim. 2003. Peningkatan Profesional Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara
Barnawi, 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Bustami, dkk. 2014. Statistika Terapannya di Informatika. Yogyakarta: Graha Ilmu
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar.Jakarta: Rineka Cipta
Haling, Abdullah. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Hamalik, Oemar. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara
Jejen, Musfah. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana Prenada Group
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Persada
Kusnadi. 2011. Profesi dan Etika Keguruan. Pekanbaru: Yayasan Pusaka Riau
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Margono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Persada Mukhtar, Iskandar. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi Mulyasa. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Narimawati, Umi. 2007. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media
Sardiman. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Persada
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sukardjo, Ukim Komaruddin. 2013. Landasan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Supardi. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sumber Lain :
Adiwihardja, 2016. Eccomerce sebagai model inovasi teknologi strategi enterpreneur menurut preferensi penggunaan pada jakartanotebook.com
Umam. 2010. Pengaruh Kompetensi Sosial Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Mengelolah Kearsipan pada Siswa Kelas IX Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Taman Siswa Kudus.
Adhe Purnama Sari. 2013. Pengaruh Kompetensi SosialGuru terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 3 di SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta Tahun 2012/2013.
Eka Andriawati. 2013. Pengaruh Kompetensi SosialGuru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XC Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.
Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-undang Republik Indonesia No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Mariono. 2010. Pengaruh kompetensi Sosialguru. [diakses pada tanggal 10 mei 2017].
http://tulisanachie.2013/10/pengaruh-kompetensi-Sosial-dan.html?=1 [diakses pada tanggal 10 mei 2017].
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi Sosialguru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 2 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah kompetensi Sosial guru (X) dan hasil belajar siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX IPS sebanyak 153 orang. Sampel dalam peneliti ini yakni kelas kelas IX IPS 1, IX IPS 2, IX IPS 3, IX IPS 4 sebanyak 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan program SPSS 20.0 For windows.
Hasil penelitian menunjukkan pada analisis regresi sederhana diperoleh persamaan Ý = 19,847 + 0,418X, pada uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dan pada koefisien determinasi diperoleh nilai 0,272, yang berarti kompetensi Sosialguru berpengaruh positif dan signifikan serta berkontribusi 27,2 persen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 2 Makassar
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Ahmad, Jamaluddin. 2015. Metode Penelitian Administasi Publik. Yogyakarta: Gava Media
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Bafadal, Ibrahim. 2003. Peningkatan Profesional Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara
Barnawi, 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Bustami, dkk. 2014. Statistika Terapannya di Informatika. Yogyakarta: Graha Ilmu
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar.Jakarta: Rineka Cipta
Haling, Abdullah. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Hamalik, Oemar. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara
Jejen, Musfah. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana Prenada Group
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Persada
Kusnadi. 2011. Profesi dan Etika Keguruan. Pekanbaru: Yayasan Pusaka Riau
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Margono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Persada Mukhtar, Iskandar. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi Mulyasa. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Narimawati, Umi. 2007. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media
Sardiman. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Persada
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sukardjo, Ukim Komaruddin. 2013. Landasan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Supardi. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sumber Lain :
Adiwihardja, 2016. Eccomerce sebagai model inovasi teknologi strategi enterpreneur menurut preferensi penggunaan pada jakartanotebook.com
Umam. 2010. Pengaruh Kompetensi Sosial Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Mengelolah Kearsipan pada Siswa Kelas IX Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Taman Siswa Kudus.
Adhe Purnama Sari. 2013. Pengaruh Kompetensi SosialGuru terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 3 di SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta Tahun 2012/2013.
Eka Andriawati. 2013. Pengaruh Kompetensi SosialGuru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XC Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.
Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-undang Republik Indonesia No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Mariono. 2010. Pengaruh kompetensi Sosialguru. [diakses pada tanggal 10 mei 2017].
http://tulisanachie.2013/10/pengaruh-kompetensi-Sosial-dan.html?=1 [diakses pada tanggal 10 mei 2017].