PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP NEGERI 2 MAKASSAR

Isi Artikel Utama

Enni

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi Sosialguru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 2 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah kompetensi Sosial guru (X) dan hasil belajar siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX IPS sebanyak 153 orang. Sampel dalam peneliti ini yakni kelas kelas IX IPS 1, IX IPS 2, IX IPS 3, IX IPS 4 sebanyak 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan  adalah kuesioner,  observasi  dan  dokumentasi.  Teknik  analisis  data yang digunakan dalam penelitian analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan program SPSS 20.0 For windows.


Hasil penelitian menunjukkan pada analisis regresi sederhana diperoleh persamaan Ý = 19,847 + 0,418X, pada uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dan pada koefisien determinasi diperoleh nilai 0,272, yang berarti kompetensi Sosialguru berpengaruh positif dan signifikan serta berkontribusi 27,2 persen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 2 Makassar

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Enni. (2022). PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP NEGERI 2 MAKASSAR. EKONOMEKTRIKS, 5(2), 116-121. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/74
Bagian
Articles

Referensi

Ahmad, Jamaluddin. 2015. Metode Penelitian Administasi Publik. Yogyakarta: Gava Media

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Bafadal, Ibrahim. 2003. Peningkatan Profesional Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Barnawi, 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Bustami, dkk. 2014. Statistika Terapannya di Informatika. Yogyakarta: Graha Ilmu

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar.Jakarta: Rineka Cipta

Haling, Abdullah. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Hamalik, Oemar. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara

Jejen, Musfah. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana Prenada Group

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Persada

Kusnadi. 2011. Profesi dan Etika Keguruan. Pekanbaru: Yayasan Pusaka Riau

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Margono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Persada Mukhtar, Iskandar. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi Mulyasa. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Narimawati, Umi. 2007. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media

Sardiman. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Persada

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sukardjo, Ukim Komaruddin. 2013. Landasan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Supardi. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sumber Lain :

Adiwihardja, 2016. Eccomerce sebagai model inovasi teknologi strategi enterpreneur menurut preferensi penggunaan pada jakartanotebook.com

Umam. 2010. Pengaruh Kompetensi Sosial Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Mengelolah Kearsipan pada Siswa Kelas IX Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Taman Siswa Kudus.

Adhe Purnama Sari. 2013. Pengaruh Kompetensi SosialGuru terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 3 di SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta Tahun 2012/2013.

Eka Andriawati. 2013. Pengaruh Kompetensi SosialGuru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XC Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-undang Republik Indonesia No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Mariono. 2010. Pengaruh kompetensi Sosialguru. [diakses pada tanggal 10 mei 2017].

http://tulisanachie.2013/10/pengaruh-kompetensi-Sosial-dan.html?=1 [diakses pada tanggal 10 mei 2017].