PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 9 BULUKUMBA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Agama Islam perusahaan jasa siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 9 BulukumbaVariabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran probing prompting (X) dan hasil belajar (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan tes. Rancangan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif data, Analisis regresi sederhana, analisis korelasi product moment, dan uji-t.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel model pembelajaran probing prompting berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Agama Islam perusahaan jasa siswa kelas X IPA 1SMA Negeri 9BulukumbaDari penelitian ini diperoleh hasil antara lain: rata-rata kelulusan hasil belajar siswa di kelas X IPA 1dari 45 % menjadi 100 %. Hasil persamaan regresi menunjukan Y = 40,243 + 0,719 X. Pengaruh kontribusi model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar sebesar 49,6 % dan 50,4 % dipengaruhi oleh faktor lain. Melalui uji-t pada kolom signifikan menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0,000 lebih kecil dari < α = (0.05). Maka dengan memerhatikan sig.(2-tailed) dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran probing prompting berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar.
Implementasi dari penerapan model pembelajaran probing prompting dapat meningkatkan kemampuan komunikasi, siswa akan lebih aktif dalam proses pembelajaran, siswa lebih percaya diri tampil dihadapan orang lain, penuh perhatian dalam menerima materi pelajaran sehingga dengan kegiatan ini, siswa mampu memaksimalkan proses pembelajaran di dalam kelas.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Narmiati, S. . (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 9 BULUKUMBA. EKONOMEKTRIKS, 5(2), 110-115. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/73
Bagian
Articles
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya
Dimyanti,dkk.2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rhineka Cipta
Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta
Jihan, abdul haris. 2012. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Kunandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press
Muhibbin, Syah. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Nasution,S.2011.Metode Research Penelitian Ilmiah.Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya , Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Sanjaya, Wina. 2012. Penelitian pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta
Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT.Gramedia Widia Sarana Indonesia
Winkel,W.S.2010. Psikologi Pengajaran.Yogyakarta : Media Abadi
Sumber lain:
Nurindahca. 2011. Kelebihan dan kekurangan probing rompting, http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2201100-kelebihan-dan kekurangan-probing-prompting/(diakses 24 Februari 2012).
Rahayu, Yunda. 2013. Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Agama Islam kelas XII Ak SMK Amir Hamzah Medan melalui penerapan model probing prompting dengan strategi rotating trio exchange pada kompetensi mengelolah kartu persediaan bahan baku. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Medan: Skripsi.
Sudarti. 2008. Model Pembelajaran Probing Prompting. Diperoleh dari https://herdy07.wordpress.com diunduh 12 Februari 2017
Suhendra, Alfin. 2012. Penerapan model pembelajaran probing prompting menggunakan media peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon kelas X semester II SMA Negeri 10
Medan. Universitas Negeri Medan: Skripsi
Suherman.2008. Model belajar dan pembelajaran berorientasi kompetensi siswa. Diperoleh dari https://educare.e-fkipunla.net/.
Togatorop, Ervina. 2016. Pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap motivasi belajar Agama Islam siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 11
Medan. Universitas Negeri Medan: Skripsi.
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Agama Islam perusahaan jasa siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 9 BulukumbaVariabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran probing prompting (X) dan hasil belajar (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan tes. Rancangan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif data, Analisis regresi sederhana, analisis korelasi product moment, dan uji-t.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel model pembelajaran probing prompting berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Agama Islam perusahaan jasa siswa kelas X IPA 1SMA Negeri 9BulukumbaDari penelitian ini diperoleh hasil antara lain: rata-rata kelulusan hasil belajar siswa di kelas X IPA 1dari 45 % menjadi 100 %. Hasil persamaan regresi menunjukan Y = 40,243 + 0,719 X. Pengaruh kontribusi model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar sebesar 49,6 % dan 50,4 % dipengaruhi oleh faktor lain. Melalui uji-t pada kolom signifikan menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0,000 lebih kecil dari < α = (0.05). Maka dengan memerhatikan sig.(2-tailed) dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran probing prompting berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar.
Implementasi dari penerapan model pembelajaran probing prompting dapat meningkatkan kemampuan komunikasi, siswa akan lebih aktif dalam proses pembelajaran, siswa lebih percaya diri tampil dihadapan orang lain, penuh perhatian dalam menerima materi pelajaran sehingga dengan kegiatan ini, siswa mampu memaksimalkan proses pembelajaran di dalam kelas.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya
Dimyanti,dkk.2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rhineka Cipta
Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta
Jihan, abdul haris. 2012. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Kunandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press
Muhibbin, Syah. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Nasution,S.2011.Metode Research Penelitian Ilmiah.Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya , Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Sanjaya, Wina. 2012. Penelitian pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta
Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT.Gramedia Widia Sarana Indonesia
Winkel,W.S.2010. Psikologi Pengajaran.Yogyakarta : Media Abadi
Sumber lain:
Nurindahca. 2011. Kelebihan dan kekurangan probing rompting, http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2201100-kelebihan-dan kekurangan-probing-prompting/(diakses 24 Februari 2012).
Rahayu, Yunda. 2013. Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Agama Islam kelas XII Ak SMK Amir Hamzah Medan melalui penerapan model probing prompting dengan strategi rotating trio exchange pada kompetensi mengelolah kartu persediaan bahan baku. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Medan: Skripsi.
Sudarti. 2008. Model Pembelajaran Probing Prompting. Diperoleh dari https://herdy07.wordpress.com diunduh 12 Februari 2017
Suhendra, Alfin. 2012. Penerapan model pembelajaran probing prompting menggunakan media peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon kelas X semester II SMA Negeri 10
Medan. Universitas Negeri Medan: Skripsi
Suherman.2008. Model belajar dan pembelajaran berorientasi kompetensi siswa. Diperoleh dari https://educare.e-fkipunla.net/.
Togatorop, Ervina. 2016. Pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap motivasi belajar Agama Islam siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 11
Medan. Universitas Negeri Medan: Skripsi.