PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 9 BULUKUMBA

Isi Artikel Utama

Sitti Narmiati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing   prompting   terhadap   hasil   belajar   pada   mata   pelajaran Agama Islam perusahaan jasa siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 9 BulukumbaVariabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran probing prompting (X) dan hasil belajar (Y). Metode  yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan tes. Rancangan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif data, Analisis regresi sederhana, analisis korelasi product moment, dan uji-t.


Hasil  pengujian  hipotesis  menunjukkan  bahwa  variabel  model pembelajaran probing prompting berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Agama Islam perusahaan jasa siswa kelas X IPA 1SMA Negeri 9BulukumbaDari penelitian ini diperoleh hasil antara lain: rata-rata kelulusan hasil belajar siswa di kelas X IPA 1dari 45 % menjadi 100 %. Hasil persamaan regresi menunjukan Y = 40,243 + 0,719 X. Pengaruh kontribusi model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar sebesar 49,6 % dan 50,4 % dipengaruhi oleh faktor lain. Melalui uji-t pada kolom signifikan menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0,000 lebih kecil dari < α = (0.05). Maka dengan memerhatikan   sig.(2-tailed)   dapat   disimpulkan   bahwa   model pembelajaran probing prompting berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar.


Implementasi  dari  penerapan  model  pembelajaran  probing  prompting dapat meningkatkan kemampuan komunikasi, siswa akan lebih aktif dalam proses pembelajaran, siswa lebih percaya diri tampil dihadapan orang lain, penuh perhatian dalam menerima materi pelajaran sehingga dengan kegiatan ini, siswa mampu memaksimalkan proses pembelajaran di dalam kelas.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Narmiati, S. . (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 9 BULUKUMBA. EKONOMEKTRIKS, 5(2), 110-115. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/73
Bagian
Articles

Referensi

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya

Dimyanti,dkk.2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rhineka Cipta

Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Jihan, abdul haris. 2012. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Kunandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press

Muhibbin, Syah. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Nasution,S.2011.Metode Research Penelitian Ilmiah.Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya , Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Sanjaya, Wina. 2012. Penelitian pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT.Gramedia Widia Sarana Indonesia

Winkel,W.S.2010. Psikologi Pengajaran.Yogyakarta : Media Abadi

Sumber lain:

Nurindahca. 2011. Kelebihan dan kekurangan probing rompting, http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2201100-kelebihan-dan kekurangan-probing-prompting/(diakses 24 Februari 2012).

Rahayu, Yunda. 2013. Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Agama Islam kelas XII Ak SMK Amir Hamzah Medan melalui penerapan model probing prompting dengan strategi rotating trio exchange pada kompetensi mengelolah kartu persediaan bahan baku. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Medan: Skripsi.

Sudarti. 2008. Model Pembelajaran Probing Prompting. Diperoleh dari https://herdy07.wordpress.com diunduh 12 Februari 2017

Suhendra, Alfin. 2012. Penerapan model pembelajaran probing prompting menggunakan media peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon kelas X semester II SMA Negeri 10

Medan. Universitas Negeri Medan: Skripsi

Suherman.2008. Model belajar dan pembelajaran berorientasi kompetensi siswa. Diperoleh dari https://educare.e-fkipunla.net/.

Togatorop, Ervina. 2016. Pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap motivasi belajar Agama Islam siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 11

Medan. Universitas Negeri Medan: Skripsi.