PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 9 BULUKUMBA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Matematika di SMA Negeri 9 Bulukumba. Variabel dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran inkuiri sebagai variabel independen dan motivasi belajar sebagai variabel dependen. Populasinya yaitu seluruh kelas X IPA 1 di SMA Negeri 9 Bulukumba sejumlah 137 siswa, dan sampelnya yaitu kelas X sejumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana, uji korelasi product moment, dan uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh persamaan regresi linier sederhana Y= 6,822+0,382X dimana setiap penambahan satu nilai model pembelajaran inkuiri, maka nilai motivasi belajar bertambah sebesar 0,382. Dari hasil analisis product moment menunjukkan nilai koefisien korelasi R= 0,552 yang berada pada interval 0,400-0,599 yang menunjukkan hubungan sedang antara model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi belajar, dan hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,004<0,05, dengan demikian hipotesis diterima.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Rahmawati. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 9 BULUKUMBA. EKONOMEKTRIKS, 5(2), 91-96. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/70
Bagian
Articles
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Fathurrohman, Muh. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: AR-RUZ MEDIA
Hamalik, Oemar. 2015. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamzah. 2015. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Narimawati, Umi. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media.
Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.
Senjaya. 2010. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Mukaromah, Atul. 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Tema Lingkungan untuk Meningkatakan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 11 SD Negeri Perumnas 3 Depok Tahun Ajaran 2012/2013. Prodi Pendidikan Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Praekolah dan Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta Maret 2014.
Wulandari, Oktaviani. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akuntansi. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesi
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Matematika di SMA Negeri 9 Bulukumba. Variabel dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran inkuiri sebagai variabel independen dan motivasi belajar sebagai variabel dependen. Populasinya yaitu seluruh kelas X IPA 1 di SMA Negeri 9 Bulukumba sejumlah 137 siswa, dan sampelnya yaitu kelas X sejumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana, uji korelasi product moment, dan uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh persamaan regresi linier sederhana Y= 6,822+0,382X dimana setiap penambahan satu nilai model pembelajaran inkuiri, maka nilai motivasi belajar bertambah sebesar 0,382. Dari hasil analisis product moment menunjukkan nilai koefisien korelasi R= 0,552 yang berada pada interval 0,400-0,599 yang menunjukkan hubungan sedang antara model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi belajar, dan hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,004<0,05, dengan demikian hipotesis diterima.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Fathurrohman, Muh. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: AR-RUZ MEDIA
Hamalik, Oemar. 2015. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamzah. 2015. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Narimawati, Umi. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media.
Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.
Senjaya. 2010. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Mukaromah, Atul. 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Tema Lingkungan untuk Meningkatakan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 11 SD Negeri Perumnas 3 Depok Tahun Ajaran 2012/2013. Prodi Pendidikan Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Praekolah dan Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta Maret 2014.
Wulandari, Oktaviani. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akuntansi. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesi