PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Isi Artikel Utama

Nurlaelah

Abstrak

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi adalah siswa di SMA Negeri 9 Bulukumba. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan  random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 42 peserta didik. pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan angket dan wawancara.  Teknik   analisis   data   yang  digunakan   adalah   analisis   statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat  Pendidikan Guru dinyatakan memiliki pengaruh signifikan terhadap Motivasi  Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 9 Bulukumba. Hal ini dilihat dari hasil analisis yang dilakukan yaitu dengan persamaan regresi sederhana. Nilai Adjust R square diperoleh sebesar 0,548 dan nilai R2 sebesar 0,300 artinya 30% besarnya    kontribusi Tingkat  Pendidikan guru   terhadap motivasi belajar. Serta telah dilakukan uji hipotesis (Uji T) di  peroleh  thitung  sebesar 4.410 dengan  sig sebesar 0.000  yang sesuai dengan prasyarat thitung >t tabel dan nilai sig <0,05. Jika dibandingkan dengan nilai ttabel sebesar 4,08 pada taraf signifikan 5% maka  t hitung lebih besar dari t table dan  nilai  sig  sebsar  0,000  lebih  kecil  dari  taraf  signifikan  0,05.  Hal  ini menunjukan bahwa Ho di tolak dan Hi diterima artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Tingkat  Pendidikan guru terhadap motivasi belajar peserta didik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurlaelah. (2022). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK . EKONOMEKTRIKS, 5(2), 77-84. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/68
Bagian
Articles

Referensi

D . jamrah, Bahri, Syaiful. 2016. Guru dengan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rinda Cipta

Haling Abdul . 2007 “ Belajar dan Pembelajaran” . Universitas Negeri Makassar : Makassar.

Hadi, Sutrisno, 2004. Motivasi research. Jogjakarta: Andi.

Hawi Akmal. 2014. “ Tingkat guru Pendidikan Islam. RajaWali Pres : Jakarta

Kunandar . 2014. “ Guri Pendidikan”. Rajawali Pers: : Jakarta

Khodijah, Nyanyu. 2014 . ” Psikologi Pendidikan” . PT Raja Grafindo : Jakarta

Musfah Jejen. 2011. Pengukuran Tingkat Guru”. Kencana: Jakarta

Muslich Masnur. 2009. “ Psikologi Pendidikan” Bumi Aksara: Jakarta

Mustari Muhammad,. 2014. “Tingkat Guru Pendidikan Agama Islam”. Rajawali Pers: Jakarta

Sudirman. 2016. ” Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”. Rajawali Pers : Jakarta

Sudijono, Anas.2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: rajawali Pers

Sireger Sofyan. 2013” Metode Penelitian Kuantitatif Di Lengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPPS .” Kencana Prenada Media Group : Jakarta

Sukardi. 2013. “Metode Penelitian”. Bumi Aksara : Jakarta

Sumardjono Padmomartono, Umbu Tagela Ibu Leba. 2014.“Profesi Kependidikan”. Penerbit Ombak (Anggota IKAPI). Yogyakarta.

Sahabuddin. 2007. “ Belajar dan Mengajar”. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar : Makassar.

Suryana. Fathurrohman. 2012. “ guru Pendidikan”. Rafia Aditama : Bandung. Suyanto, Asep. 2013. Calon guru Pendidikan. Jogjakarta: Muti prasinddo

Tami Pratiwi. 2017. “Pengaruh Tingkat PendidikanGuru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa InggrisKelas X1 Ips Sma Negeri 10 Makassar” . Pendidikan Bahasa Inggris: Universitas Negeri Makassar

Uno.Hamzah.2007. Teori Motivasi dan pengukuran. Jakarta: Bumi Aksara