PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi adalah siswa di SMA Negeri 9 Bulukumba. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 42 peserta didik. pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat Pendidikan Guru dinyatakan memiliki pengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 9 Bulukumba. Hal ini dilihat dari hasil analisis yang dilakukan yaitu dengan persamaan regresi sederhana. Nilai Adjust R square diperoleh sebesar 0,548 dan nilai R2 sebesar 0,300 artinya 30% besarnya kontribusi Tingkat Pendidikan guru terhadap motivasi belajar. Serta telah dilakukan uji hipotesis (Uji T) di peroleh thitung sebesar 4.410 dengan sig sebesar 0.000 yang sesuai dengan prasyarat thitung >t tabel dan nilai sig <0,05. Jika dibandingkan dengan nilai ttabel sebesar 4,08 pada taraf signifikan 5% maka t hitung lebih besar dari t table dan nilai sig sebsar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. Hal ini menunjukan bahwa Ho di tolak dan Hi diterima artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Tingkat Pendidikan guru terhadap motivasi belajar peserta didik.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Nurlaelah. (2022). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK . EKONOMEKTRIKS, 5(2), 77-84. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/68
Bagian
Articles
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
D . jamrah, Bahri, Syaiful. 2016. Guru dengan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rinda Cipta
Haling Abdul . 2007 “ Belajar dan Pembelajaran” . Universitas Negeri Makassar : Makassar.
Hadi, Sutrisno, 2004. Motivasi research. Jogjakarta: Andi.
Hawi Akmal. 2014. “ Tingkat guru Pendidikan Islam. RajaWali Pres : Jakarta
Kunandar . 2014. “ Guri Pendidikan”. Rajawali Pers: : Jakarta
Khodijah, Nyanyu. 2014 . ” Psikologi Pendidikan” . PT Raja Grafindo : Jakarta
Musfah Jejen. 2011. Pengukuran Tingkat Guru”. Kencana: Jakarta
Muslich Masnur. 2009. “ Psikologi Pendidikan” Bumi Aksara: Jakarta
Mustari Muhammad,. 2014. “Tingkat Guru Pendidikan Agama Islam”. Rajawali Pers: Jakarta
Sudirman. 2016. ” Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”. Rajawali Pers : Jakarta
Sudijono, Anas.2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: rajawali Pers
Sireger Sofyan. 2013” Metode Penelitian Kuantitatif Di Lengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPPS .” Kencana Prenada Media Group : Jakarta
Sukardi. 2013. “Metode Penelitian”. Bumi Aksara : Jakarta
Sumardjono Padmomartono, Umbu Tagela Ibu Leba. 2014.“Profesi Kependidikan”. Penerbit Ombak (Anggota IKAPI). Yogyakarta.
Sahabuddin. 2007. “ Belajar dan Mengajar”. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar : Makassar.
Suryana. Fathurrohman. 2012. “ guru Pendidikan”. Rafia Aditama : Bandung. Suyanto, Asep. 2013. Calon guru Pendidikan. Jogjakarta: Muti prasinddo
Tami Pratiwi. 2017. “Pengaruh Tingkat PendidikanGuru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa InggrisKelas X1 Ips Sma Negeri 10 Makassar” . Pendidikan Bahasa Inggris: Universitas Negeri Makassar
Uno.Hamzah.2007. Teori Motivasi dan pengukuran. Jakarta: Bumi Aksara
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi adalah siswa di SMA Negeri 9 Bulukumba. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 42 peserta didik. pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat Pendidikan Guru dinyatakan memiliki pengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 9 Bulukumba. Hal ini dilihat dari hasil analisis yang dilakukan yaitu dengan persamaan regresi sederhana. Nilai Adjust R square diperoleh sebesar 0,548 dan nilai R2 sebesar 0,300 artinya 30% besarnya kontribusi Tingkat Pendidikan guru terhadap motivasi belajar. Serta telah dilakukan uji hipotesis (Uji T) di peroleh thitung sebesar 4.410 dengan sig sebesar 0.000 yang sesuai dengan prasyarat thitung >t tabel dan nilai sig <0,05. Jika dibandingkan dengan nilai ttabel sebesar 4,08 pada taraf signifikan 5% maka t hitung lebih besar dari t table dan nilai sig sebsar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. Hal ini menunjukan bahwa Ho di tolak dan Hi diterima artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Tingkat Pendidikan guru terhadap motivasi belajar peserta didik.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
D . jamrah, Bahri, Syaiful. 2016. Guru dengan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rinda Cipta
Haling Abdul . 2007 “ Belajar dan Pembelajaran” . Universitas Negeri Makassar : Makassar.
Hadi, Sutrisno, 2004. Motivasi research. Jogjakarta: Andi.
Hawi Akmal. 2014. “ Tingkat guru Pendidikan Islam. RajaWali Pres : Jakarta
Kunandar . 2014. “ Guri Pendidikan”. Rajawali Pers: : Jakarta
Khodijah, Nyanyu. 2014 . ” Psikologi Pendidikan” . PT Raja Grafindo : Jakarta
Musfah Jejen. 2011. Pengukuran Tingkat Guru”. Kencana: Jakarta
Muslich Masnur. 2009. “ Psikologi Pendidikan” Bumi Aksara: Jakarta
Mustari Muhammad,. 2014. “Tingkat Guru Pendidikan Agama Islam”. Rajawali Pers: Jakarta
Sudirman. 2016. ” Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”. Rajawali Pers : Jakarta
Sudijono, Anas.2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: rajawali Pers
Sireger Sofyan. 2013” Metode Penelitian Kuantitatif Di Lengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPPS .” Kencana Prenada Media Group : Jakarta
Sukardi. 2013. “Metode Penelitian”. Bumi Aksara : Jakarta
Sumardjono Padmomartono, Umbu Tagela Ibu Leba. 2014.“Profesi Kependidikan”. Penerbit Ombak (Anggota IKAPI). Yogyakarta.
Sahabuddin. 2007. “ Belajar dan Mengajar”. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar : Makassar.
Suryana. Fathurrohman. 2012. “ guru Pendidikan”. Rafia Aditama : Bandung. Suyanto, Asep. 2013. Calon guru Pendidikan. Jogjakarta: Muti prasinddo
Tami Pratiwi. 2017. “Pengaruh Tingkat PendidikanGuru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa InggrisKelas X1 Ips Sma Negeri 10 Makassar” . Pendidikan Bahasa Inggris: Universitas Negeri Makassar
Uno.Hamzah.2007. Teori Motivasi dan pengukuran. Jakarta: Bumi Aksara