PENGARUH EXAMPLE NON EXAMPLE DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 BULUKUMBA

Isi Artikel Utama

Rahmawati Razak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Example Non Exampledan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar Biologikelas X SMA Negeri 9 Bulukumba. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X pada SMA Negeri 9 Bulukumba. Sampel diambil sebanyak 32 orang siswa dengan teknik puposive sampling. Teknik pengumpulan data angket dan dokumentasi. Angket sebelumya diuji cobakan dan diuji validitas, uji realibilitas serta uji asumsi klasik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji R2 yang di uji dengan bantuan program SPSS.


Hasil regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 67,685 + 0,197X1 +0,189X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh Example Non Exampledan penggunaan media pembelajaran.


Dari  hasil  penelitian  yang  dilakukan  menunjukkan  bahwa  Example Non Exampledan  Penggunaan  Media  Pembelajaran  secara parsial  maupun  simultan berpengaruh signifikan  terhadap Hasil Belajar Biologikelas X SMA Negeri 9 Bulukumba. Maka dapat disimpulkan hipotesis diterima.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Razak, R. . (2022). PENGARUH EXAMPLE NON EXAMPLE DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 BULUKUMBA. EKONOMEKTRIKS, 5(2), 60-67. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/66
Bagian
Articles

Referensi

Andryan Setyadarma, 2010. Uji Asumsi Klasik dengan SPSS. Semarang FE UNES

Anton M. Moeliono, 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Arikunto, Suharsimi, 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

, Prosedur Pnelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Azhar Arsyad, 2015. Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Dadang Suyanto, 2009. Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat Ringkasan dan kasus. Jakarta: Amara Books

Depdiknas, 2003. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas

Djaali, 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyanti dan Mudjono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Dwi Novita Ernanigsih, 2009. Pembinaan Minat Baca Bagi Sekolah Dasar. Malang: Tidak Diterbitkan

Ghozali, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBMSPPSS Update PLS Regresi Edisi 7. Smarang: Universitas Diponegoro

Midun Hendrikus, 2009. Sumber dan Media Pembelajaran, Bahan Ajar. NTT: Prodi PGSD STKP Santa Paulus Roteng

Muhibbin Syah, 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyanta, 2009. Tutorial Membangun Multimedia Interaktif Media Pembelajaran. Yogyakarta: UAY

Munawir Yusuf. 2009. Mengatasi Kebiasaan Buruk Anak dalam Belajar Melalui Pendekatan Modifikasi Perilaku. Departemen Pendidikan

Nana Sudjana, 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar

Oemar Hamalik, 2011. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Askara

Sadiman, Arief S dkk. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono, 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta 2014. Metode Penelitian Pendidikan-pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sularti, 2011. Program Bimbingan dan Konseling untuk Mengembangkan Sikap Belajar Siswa. Bandung: SPS PBK UPI

The Liang Gie, 2002. Cara Belajar yang Efisien. Yogyajarta: PUBIB

Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustaka

Winkel, 2009. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Gramedia

Sumber Lain

Dewi Rasanis, 2011. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X MA Negeri 1 Wedi tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Skripsi Tesis, Universitas Muhamnadiyah Surakarta

Susi Sri Sulastri dan Ngadirin Setiawan, 2012. Pengaruh Konep Diri dan Example Non Exampleterhadap Hasil Belajat BiologiSiswa Kelas XII IPS Madeasah Aliyah Negeri Yogyakarta II Tahun Ajara 2011/2012. Skripsi. UNY

Umi Nikmatu Rahmah, 2011. Pengaruh penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP 12 Palu. Skripsi. UNTAD

Winda, 2010. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Example non ExampleSiswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 17 Surabaya. Skripsi. UNES