PENGARUH EXAMPLE NON EXAMPLE DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 BULUKUMBA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Example Non Exampledan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar Biologikelas X SMA Negeri 9 Bulukumba. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X pada SMA Negeri 9 Bulukumba. Sampel diambil sebanyak 32 orang siswa dengan teknik puposive sampling. Teknik pengumpulan data angket dan dokumentasi. Angket sebelumya diuji cobakan dan diuji validitas, uji realibilitas serta uji asumsi klasik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji R2 yang di uji dengan bantuan program SPSS.
Hasil regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 67,685 + 0,197X1 +0,189X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh Example Non Exampledan penggunaan media pembelajaran.
Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Example Non Exampledan Penggunaan Media Pembelajaran secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Biologikelas X SMA Negeri 9 Bulukumba. Maka dapat disimpulkan hipotesis diterima.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Razak, R. . (2022). PENGARUH EXAMPLE NON EXAMPLE DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 BULUKUMBA. EKONOMEKTRIKS, 5(2), 60-67. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/66
Bagian
Articles
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Andryan Setyadarma, 2010. Uji Asumsi Klasik dengan SPSS. Semarang FE UNES
Anton M. Moeliono, 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Arikunto, Suharsimi, 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
, Prosedur Pnelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Azhar Arsyad, 2015. Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Dadang Suyanto, 2009. Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat Ringkasan dan kasus. Jakarta: Amara Books
Depdiknas, 2003. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas
Djaali, 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Dimyanti dan Mudjono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Dwi Novita Ernanigsih, 2009. Pembinaan Minat Baca Bagi Sekolah Dasar. Malang: Tidak Diterbitkan
Ghozali, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBMSPPSS Update PLS Regresi Edisi 7. Smarang: Universitas Diponegoro
Midun Hendrikus, 2009. Sumber dan Media Pembelajaran, Bahan Ajar. NTT: Prodi PGSD STKP Santa Paulus Roteng
Muhibbin Syah, 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyanta, 2009. Tutorial Membangun Multimedia Interaktif Media Pembelajaran. Yogyakarta: UAY
Munawir Yusuf. 2009. Mengatasi Kebiasaan Buruk Anak dalam Belajar Melalui Pendekatan Modifikasi Perilaku. Departemen Pendidikan
Nana Sudjana, 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar
Oemar Hamalik, 2011. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Askara
Sadiman, Arief S dkk. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono, 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta 2014. Metode Penelitian Pendidikan-pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sularti, 2011. Program Bimbingan dan Konseling untuk Mengembangkan Sikap Belajar Siswa. Bandung: SPS PBK UPI
The Liang Gie, 2002. Cara Belajar yang Efisien. Yogyajarta: PUBIB
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustaka
Winkel, 2009. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Gramedia
Sumber Lain
Dewi Rasanis, 2011. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X MA Negeri 1 Wedi tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Skripsi Tesis, Universitas Muhamnadiyah Surakarta
Susi Sri Sulastri dan Ngadirin Setiawan, 2012. Pengaruh Konep Diri dan Example Non Exampleterhadap Hasil Belajat BiologiSiswa Kelas XII IPS Madeasah Aliyah Negeri Yogyakarta II Tahun Ajara 2011/2012. Skripsi. UNY
Umi Nikmatu Rahmah, 2011. Pengaruh penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP 12 Palu. Skripsi. UNTAD
Winda, 2010. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Example non ExampleSiswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 17 Surabaya. Skripsi. UNES
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Example Non Exampledan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar Biologikelas X SMA Negeri 9 Bulukumba. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X pada SMA Negeri 9 Bulukumba. Sampel diambil sebanyak 32 orang siswa dengan teknik puposive sampling. Teknik pengumpulan data angket dan dokumentasi. Angket sebelumya diuji cobakan dan diuji validitas, uji realibilitas serta uji asumsi klasik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji R2 yang di uji dengan bantuan program SPSS.
Hasil regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 67,685 + 0,197X1 +0,189X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh Example Non Exampledan penggunaan media pembelajaran.
Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Example Non Exampledan Penggunaan Media Pembelajaran secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Biologikelas X SMA Negeri 9 Bulukumba. Maka dapat disimpulkan hipotesis diterima.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Andryan Setyadarma, 2010. Uji Asumsi Klasik dengan SPSS. Semarang FE UNES
Anton M. Moeliono, 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Arikunto, Suharsimi, 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
, Prosedur Pnelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Azhar Arsyad, 2015. Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Dadang Suyanto, 2009. Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat Ringkasan dan kasus. Jakarta: Amara Books
Depdiknas, 2003. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas
Djaali, 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Dimyanti dan Mudjono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Dwi Novita Ernanigsih, 2009. Pembinaan Minat Baca Bagi Sekolah Dasar. Malang: Tidak Diterbitkan
Ghozali, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBMSPPSS Update PLS Regresi Edisi 7. Smarang: Universitas Diponegoro
Midun Hendrikus, 2009. Sumber dan Media Pembelajaran, Bahan Ajar. NTT: Prodi PGSD STKP Santa Paulus Roteng
Muhibbin Syah, 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyanta, 2009. Tutorial Membangun Multimedia Interaktif Media Pembelajaran. Yogyakarta: UAY
Munawir Yusuf. 2009. Mengatasi Kebiasaan Buruk Anak dalam Belajar Melalui Pendekatan Modifikasi Perilaku. Departemen Pendidikan
Nana Sudjana, 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar
Oemar Hamalik, 2011. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Askara
Sadiman, Arief S dkk. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono, 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta 2014. Metode Penelitian Pendidikan-pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sularti, 2011. Program Bimbingan dan Konseling untuk Mengembangkan Sikap Belajar Siswa. Bandung: SPS PBK UPI
The Liang Gie, 2002. Cara Belajar yang Efisien. Yogyajarta: PUBIB
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustaka
Winkel, 2009. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Gramedia
Sumber Lain
Dewi Rasanis, 2011. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X MA Negeri 1 Wedi tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Skripsi Tesis, Universitas Muhamnadiyah Surakarta
Susi Sri Sulastri dan Ngadirin Setiawan, 2012. Pengaruh Konep Diri dan Example Non Exampleterhadap Hasil Belajat BiologiSiswa Kelas XII IPS Madeasah Aliyah Negeri Yogyakarta II Tahun Ajara 2011/2012. Skripsi. UNY
Umi Nikmatu Rahmah, 2011. Pengaruh penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP 12 Palu. Skripsi. UNTAD
Winda, 2010. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Example non ExampleSiswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 17 Surabaya. Skripsi. UNES