PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA PERUSAHAAN AYAM PETELUR DI PT. ANDI NADYA FARM MAKASSAR

Isi Artikel Utama

Haery Mogat

Abstrak

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix  terhadap tingkat penjualan pada perusahaan ayam petelur di PT. Andi Nadya Farm Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 320 pelanggan dengan jumlah sampel sebanyak 48 pelanggan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, analisis regresi linear sederhana, dan uji parsial. Uji normalitas menunjukan bahwa data terdistribusi normal dengan menggunakan one sample kolmogorov smirnov test menunjukan bahwa nilai signifikakansi lebih kecil dari taraf signifikansi (0,05). Hasil uji normalitas menggunakan P-Plot di mana bola-bola kecil berada pada garis diagonal, hal tersebut menunjukkan bahwa data terdistribusi normal. Analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa Y = 13,525 + 0,683X, hasil tersebut menunjukan bahwa marketing mix berpengaruh positif terhadap tingkat penjualan pada perusahaan ayam petelur di PT. Andi Nadya Farm Makassar. Uji pasial (uji-t) menunjukkan bahwa marketing mix berpengaruh signifikan terhadap tingkat penjualan pada perusahaan ayam petelur di PT. Andi Nadya Farm Makassar dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (7,801 > 1,679) dan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi (0,000 < 0,05). Jadi, dapat disimpulkan bahwa, hipotesis diterima.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mogat, H. . (2022). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA PERUSAHAAN AYAM PETELUR DI PT. ANDI NADYA FARM MAKASSAR. EKONOMEKTRIKS, 5(2), 11-19. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/59
Bagian
Articles

Referensi

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Asmarantaka, R. W., Atmakusuma, J., Muflikh, Y. N., & Rosiana, N. 2018. Konsep Pemasaran Agribisnis: Pendekatan Ekonomi dan Manajemen. Jurnal Agribisnis Indonesia, 5(2), 151–172. https://doi.org/10.29244/jai. 2017.5.2.151-172

Assauri, Sofan. 2013. Strategic Marketing: Sustaining Lifetime Customer Value. Edisi Ke 1, Cetakan Ke-2, PT. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Abdilah, I. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler Prabayar Telkomsel. Jurnal Administrasi Bisnis, 1022-1035.

Adabi, N. 2020. Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian indihome di witel telkom depok Influence of brand image, service quality and consumer confidence on indihome purchasing decisions at telkom telecommunications. Jurnal Manajemen, 12(1), 32-39.

Asrul, A.. dkk. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengruhi Manajemen Perusahaan Mengikuti Tax Amnesty. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(1), 132-151.

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.

Freddy, Rangkuti. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Idaman, P. 2016. Usaha-Usaha Meningkatkan Volume Penjualan pada Usaha Bakso & Mie Ayam Mulyono Palembang (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

Ida, R. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Persepsi Harga Sebagai Variabel Moderating (Survei Pada Konsumen Pizza Hut Cabang Madiun) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Jelatu, Herman. 2020. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba pada CV. Aspekindo Makassar, Skripsi, STIE-PI, Jurusan Manajemen, Makassar.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium. Jakarta: Penerbit Prenhallindo..

Marlius, D. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Nagari Cabang Muaralabuh.

Parintak, S. 2021. Pengaruh Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mobil pada PT. Hadji Kalla Toyoto Kota Palopo (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Palopo).

Purwanti, E. 2012. Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM Di Desa Dayaan dan Kalolondo Salatiga. Among Makarti, 5(9), 13–28. https://doi.org/ 10.1007/BF02532975

Rachmawati, R. 2011. Peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2).

Sugiyono. 2013. Statistik untuk Penelitian. Cetakan Ketujuh. Bandung: Alfabeta.

Selang, C. A. 2013. Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Sumarni, Murti dan John Soeprihanto. 2014. Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi ke-5. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: In Media,

Widiastomo, H. E. H & Achsa, A. 2021. Strategi Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan . Kinerja 18.1 (2021): 15-23

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66

Yuliani, R. 2020. Menciptakan Value Added (nilai tambah) Kripik Tempe Sagu Melalui Variasi Rasa dan Inovasi Kemasan. In pro sejahtera (Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat) (Vol. 2, No. 1, Mei).

Zulkarnain. 2012. Ilmu Menjual Pendekatan Teoritis dan Kecakapan Menjual, Yogyakarta: Graha Ilmu.