Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Kopi Robusta di Pasar Pana’ Kecamatan Pana’ Kabupaten Mamasa
Main Article Content
Abstract
This study aims to determine the effect of service quality and promotion on consumer purchase interest of robusta coffee at Pana' Market, Pana' District, Mamasa Regency. This study is a quantitative study. The number of samples is 30 people and the data collection used is a questionnaire and documentation. The data were analyzed using data analysis techniques t-test, f-test, and coefficient of determination. Based on the results of the study, it shows that: (1) The Service Quality variable influences consumer purchase interest with a significance of 0.000 < 0.05. (2) The promotion variable influences consumer purchase interest with a significance of 0.001 < 0.05. (3) Simultaneously, with a significance of 0.000 < 0.05, meaning that service quality and promotion influence consumer purchase interest. The coefficient of determination was 65.1%. Service quality and promotion both influenced consumer purchasing intention. The remaining 34.9% were not included in this study. The conclusion of this study is that service quality and promotion influence consumer purchasing intention at Pana' Market, Pana' District, Mamasa Regency.
Article Details
How to Cite
Celsia Me’tan, Haery Mogat, Dillah Faradilla Hasanah, & Muhlis. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Kopi Robusta di Pasar Pana’ Kecamatan Pana’ Kabupaten Mamasa. Jurnal Ilmiah Ekonometriks, 8(2), 44–50. Retrieved from https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/508
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Adella G. Situmorang. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Debt to Equity Ratio, Firm Size, Growth, dan Cash Ratio terhadap Dividen Payout Ratio pada Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol.5 No.3
Apriliana, A., & Sukaris, S. (2022). Analisa Kualitas Layanan Pada Cv. Singoyudho Nusantara. Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi), 11(2), 498-504.
Ardelia, D. M., & Hidayat, A. M. (2023). Pengaruh Harga dan Brand Awareness Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone di Indonesia. Jurnal Mirai Management, 8(1), 252-263.
Evyanto, W., & Saputra, A. 2023. Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Pada PT. Mitra Krida Perkasa. JURSIMA, 11(1), 195-200.
Fandi Tjiptono & Gregory Chandra (2020). Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta; Andi.
Firmansyah, M. A. 2019. Buku pemasaran produk dan merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 336.
Firmansyah. 2019. Pemasaran produk dan merek, cetakan pertama, penerbit. Qiara Media, Jawa timur.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Cetakan VII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hawa, M. A., & Nurtjahjanti, H. (2021). Hubungan Antara Work-Life Balance Dengan Loyalitas Karyawan Pada Pt . Hanil Indonesia Di Boyolali. 7(Nomor 1), 424–429.
Hawa, S. 2022. Analisis Kelengkapan Produk, Kualitas Layanan, Dan Tata Letak Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Minimarket Jakarta Selatan.
Kotler (2018). Defenisi dari kualitas adalah tingakat mutu yang diharapkan, dan pengendalian keragaman dalam mencapai mutu tersebut untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Principles of marketing (16th ed.). Pearson.
Laksana, M. A., C, E. (2021). Pengaruh Nilai Pelanggan, Promosi Dan Sistem Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Bukalapak Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Leksono, R. B., & Herwin, H. (2017). pengaruh harga dan promosi Grab terhadap Brand Image yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pengguna transportasi berbasis online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 381-390.
Lohr, S. L. (2021). Sampling: Design and analysis. Chapman and Hall/CRC
M. Arief. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pada Pt. Pos Indonesia (Persero) Perdagangan Kec. Bandar Kab. Simalungun (Doctoral dissertation).
Michael. R. Solomon (2015). Consumer Behaviour: Buying, Having and Being. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Mulyani, A. T. (2020). Pengaruh Lingkungan Toko, Promosi Penjualan, Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Kosumen Di Ud. Sumber Rejeki. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 5(4), 320-329.
Nursalam. (2020). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Prakasa, S. U. W. (2022). Reduce corruption in public procurement: the effort towards good governance. Bestuur, 10(1), 33-42.
Sanusi, A. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta:Salemba empat.
Sarasdiyanthi, N. K. A. M., Mananda, I. G. S., & Suardana, I. W. (2016). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Kualitas Pelayanan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Travel Agent Airasia Go. Jurnal IPTA ISSN, 2338, 8633.
Schiffman, L. G. & Kanuk, L., L. 2018. Perilaku Konsumen, Edisi 7. Alih Bahasa: Zoelkifli. Jakarta : Indeks.
Shimp T. A. (2020). Promosi dan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: Erlangga
Sinaga, R. E. M., & Kusumawati, A.(2018). Pengaruh YouTube Celebgram terhadap Minat Beli Konsumen dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna Kosmetik Produk Erha Clinic di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 63(1),
Siti. 2019. Perpajakan: Teori & Kasus. Edisi Sebelas. Buku Satu. Salemba. Empat. Jakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Ke-21. Bandung: Alfabeta.
Veronika, J., & Hikmah, H. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Tempe Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Triangle, 1(2), 210-23.
Yuvita, H., Wahab, Z., & Sulastri, S. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Equity (Survei Terhadap Nasabah Bank Bni Syariah Di Kota Palembang). MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(3), 293235.
Main Article Content
Abstract
This study aims to determine the effect of service quality and promotion on consumer purchase interest of robusta coffee at Pana' Market, Pana' District, Mamasa Regency. This study is a quantitative study. The number of samples is 30 people and the data collection used is a questionnaire and documentation. The data were analyzed using data analysis techniques t-test, f-test, and coefficient of determination. Based on the results of the study, it shows that: (1) The Service Quality variable influences consumer purchase interest with a significance of 0.000 < 0.05. (2) The promotion variable influences consumer purchase interest with a significance of 0.001 < 0.05. (3) Simultaneously, with a significance of 0.000 < 0.05, meaning that service quality and promotion influence consumer purchase interest. The coefficient of determination was 65.1%. Service quality and promotion both influenced consumer purchasing intention. The remaining 34.9% were not included in this study. The conclusion of this study is that service quality and promotion influence consumer purchasing intention at Pana' Market, Pana' District, Mamasa Regency.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Adella G. Situmorang. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Debt to Equity Ratio, Firm Size, Growth, dan Cash Ratio terhadap Dividen Payout Ratio pada Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol.5 No.3
Apriliana, A., & Sukaris, S. (2022). Analisa Kualitas Layanan Pada Cv. Singoyudho Nusantara. Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi), 11(2), 498-504.
Ardelia, D. M., & Hidayat, A. M. (2023). Pengaruh Harga dan Brand Awareness Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone di Indonesia. Jurnal Mirai Management, 8(1), 252-263.
Evyanto, W., & Saputra, A. 2023. Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Pada PT. Mitra Krida Perkasa. JURSIMA, 11(1), 195-200.
Fandi Tjiptono & Gregory Chandra (2020). Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta; Andi.
Firmansyah, M. A. 2019. Buku pemasaran produk dan merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 336.
Firmansyah. 2019. Pemasaran produk dan merek, cetakan pertama, penerbit. Qiara Media, Jawa timur.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Cetakan VII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hawa, M. A., & Nurtjahjanti, H. (2021). Hubungan Antara Work-Life Balance Dengan Loyalitas Karyawan Pada Pt . Hanil Indonesia Di Boyolali. 7(Nomor 1), 424–429.
Hawa, S. 2022. Analisis Kelengkapan Produk, Kualitas Layanan, Dan Tata Letak Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Minimarket Jakarta Selatan.
Kotler (2018). Defenisi dari kualitas adalah tingakat mutu yang diharapkan, dan pengendalian keragaman dalam mencapai mutu tersebut untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Principles of marketing (16th ed.). Pearson.
Laksana, M. A., C, E. (2021). Pengaruh Nilai Pelanggan, Promosi Dan Sistem Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Bukalapak Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Leksono, R. B., & Herwin, H. (2017). pengaruh harga dan promosi Grab terhadap Brand Image yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pengguna transportasi berbasis online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 381-390.
Lohr, S. L. (2021). Sampling: Design and analysis. Chapman and Hall/CRC
M. Arief. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pada Pt. Pos Indonesia (Persero) Perdagangan Kec. Bandar Kab. Simalungun (Doctoral dissertation).
Michael. R. Solomon (2015). Consumer Behaviour: Buying, Having and Being. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Mulyani, A. T. (2020). Pengaruh Lingkungan Toko, Promosi Penjualan, Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Kosumen Di Ud. Sumber Rejeki. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 5(4), 320-329.
Nursalam. (2020). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Prakasa, S. U. W. (2022). Reduce corruption in public procurement: the effort towards good governance. Bestuur, 10(1), 33-42.
Sanusi, A. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta:Salemba empat.
Sarasdiyanthi, N. K. A. M., Mananda, I. G. S., & Suardana, I. W. (2016). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Kualitas Pelayanan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Travel Agent Airasia Go. Jurnal IPTA ISSN, 2338, 8633.
Schiffman, L. G. & Kanuk, L., L. 2018. Perilaku Konsumen, Edisi 7. Alih Bahasa: Zoelkifli. Jakarta : Indeks.
Shimp T. A. (2020). Promosi dan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: Erlangga
Sinaga, R. E. M., & Kusumawati, A.(2018). Pengaruh YouTube Celebgram terhadap Minat Beli Konsumen dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna Kosmetik Produk Erha Clinic di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 63(1),
Siti. 2019. Perpajakan: Teori & Kasus. Edisi Sebelas. Buku Satu. Salemba. Empat. Jakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Ke-21. Bandung: Alfabeta.
Veronika, J., & Hikmah, H. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Tempe Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Triangle, 1(2), 210-23.
Yuvita, H., Wahab, Z., & Sulastri, S. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Equity (Survei Terhadap Nasabah Bank Bni Syariah Di Kota Palembang). MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(3), 293235.