PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS PATTALLASSANG KECAMATAN PATTALLASSANG KABUPATEN GOWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Puskesmas Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purpose sampling, dalam penelitian ini sebanyak 30 orang dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan observasi serta wawancara langsung kepada pihak-pihak yang terkait dengan masalah yang sedang diteliti. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, uji t-test, Uji F-test, serta koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa secara simultan dan parsial Kualitas Pelayanan yang terdiri dari ; daya tanggap, jaminan, bukti fisik, empati, kehandalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat di Puskesmas Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa sebesar 67,2%. Berdasarkan koefisien determinasi yang diperoleh dari hasil analisis data diketahui bahwa yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat adalah variabel bukti fisik karena memiliki pengaruh sebesar 63,1% terhadap kepuasan masyarakat di Puskesmas Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Izatul Fiddah, A. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS PATTALLASSANG KECAMATAN PATTALLASSANG KABUPATEN GOWA. EKONOMEKTRIKS, 5(1), 16-22. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/32
Bagian
Articles
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Ketiga.Jakarta.
Parasuraman, A., Zeithalm, V., dan Berry L., 2013. SERVQUAL: A Multiple item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality, Journal of Retaliling.
Sanusi, dan Anwar. 2014. Metodologi Penelitian Praktis Untuk Ilmu Sosial dan Ekonomi. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Penerbit Buntara Media, Malang.
Sanusi, Anwar. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta. Salemba Empat.
Sugiyono.(2010). Metode Penelitian Administrasi.edisi Sembilan. Bandung : C.V Alfabeta
Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. CV Alfabeta. Bandung
Sekaran, Uma dan Roger Bougie (2010) Edisi 5, Research Method For Business : A Skill Building Approch. John Wiley @ Sons, New York.
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Puskesmas Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purpose sampling, dalam penelitian ini sebanyak 30 orang dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan observasi serta wawancara langsung kepada pihak-pihak yang terkait dengan masalah yang sedang diteliti. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, uji t-test, Uji F-test, serta koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa secara simultan dan parsial Kualitas Pelayanan yang terdiri dari ; daya tanggap, jaminan, bukti fisik, empati, kehandalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat di Puskesmas Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa sebesar 67,2%. Berdasarkan koefisien determinasi yang diperoleh dari hasil analisis data diketahui bahwa yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat adalah variabel bukti fisik karena memiliki pengaruh sebesar 63,1% terhadap kepuasan masyarakat di Puskesmas Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Ketiga.Jakarta.
Parasuraman, A., Zeithalm, V., dan Berry L., 2013. SERVQUAL: A Multiple item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality, Journal of Retaliling.
Sanusi, dan Anwar. 2014. Metodologi Penelitian Praktis Untuk Ilmu Sosial dan Ekonomi. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Penerbit Buntara Media, Malang.
Sanusi, Anwar. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta. Salemba Empat.
Sugiyono.(2010). Metode Penelitian Administrasi.edisi Sembilan. Bandung : C.V Alfabeta
Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. CV Alfabeta. Bandung
Sekaran, Uma dan Roger Bougie (2010) Edisi 5, Research Method For Business : A Skill Building Approch. John Wiley @ Sons, New York.