PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PADA PT. LOTTE MART PANAKKUKANG DI KOTA MAKASSAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengukur dan mengetahui pengaruh antara harga dan pelayanan terhadap keputusan konsumen baik secara parsial maupun simultan. Pengambilan sampel berjumlah 50 responden pada PT. Lotte Mart Panakkukang di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang menjelaskan hubungan kausal (sebab akibat) antara variabel harga menunjukkan nilai thitung 5,391 >nilai ttabel 2,01174 dengan nilai variabel pelayanan menunjukkan nilai thitung 1,167>ttabel dan hasil uji F menunjukkan nilai Ftabel 3,19. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa persamaan Y=6,167+0,549+0,158+e. Hasil uji validitas menunjukkan nilai Rtabel sebesar 0,2787 dan berarti nilai Rhitung >dari Rtabel dan ini berarti valid. Selanjutnya variabel harga dan pelayanan secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen pada PT. Lotte Mart Panakkukang di Kota Makassar.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Amraeni. (2022). PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PADA PT. LOTTE MART PANAKKUKANG DI KOTA MAKASSAR. EKONOMEKTRIKS, 5(1), 10-15. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/31
Bagian
Articles
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Adisaputro, Gunawan. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Basu Swasta & Hani Handoko. 2010. Manajemen Pemasaran: Analisis danPerilaku Konsumen. BPFE. Yogyakarta.
Fandy, Tjiptono. 2000. Strategi Manajemen. Yogyakarta: Andi Offset.
Fandy, Tjiptono. 2000. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta : Andi Offset.
Fandy Tjiptono. 2002. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andy.
Gunawan. (2019). Regresi Linear Berganda. Suka Bumi: Skripsi Bisa.
Hannah & Karp. 2007. Customer SatisfactionZ: How to Maximize, Measure and
Market your company’s Ultimate Product, New York: American Management Association.
Herdiana, Nana. 2015 .Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Husein Umar. 2007, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kadek Ria Mariska, d. (2014). Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap KeputusanBerbelanja pada Minimarket Sastra Mas Tabanan.
Kotler & Keller. 2012. Marketing Management, 14th, Person Education.
Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2008. (Terj. Bob Sabran) Prinsip prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2012. (terj, Bob Sabran) Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 dan 2. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Kevin keller. 2012. Marketing Management. New York:McGraw Hill.
Kotler, Philip. (2002). Manajemen pemasaran. Jilid kedua. (10 ed). Jakarta:Prenhallindo.th
Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta:Erlangga.
Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Schiffman, Leon & Leslie Kanuk. (2004). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks.
Setiadi, Nugroho J. (2008). Business Economics and Managerial Decision Making: Aplikasi Teori Ekonomi dan Pengambilan Keputusan
Manajerial Dalam Dunia Bisnis. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Stanton Wiliam J. 2011. Prinsip Pemasaran, jilid I Edisi 7. Jakarta: Erlangga.
Stanton, W.J., M.J. Etzel, & B.J. Walker. 2000. Fundamentals of Marketing. New York: McGraw-Hill Inc.
Sunarto. (2003). Perilaku Konsumen. Yogyakarta : AMUS Jogyakarta dan CV. Ngeksigondo Utama.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. 2012. Konsep Dasar Ritel Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Edisi I. Yogyakarta: Center For Academic Publishing Service.
Suhartanto, Dwi. 2014. Metode Riset Pemasaran. Edisi1. Bandung: Alfabeta.
Swastha, Basu. 2002. Azas-azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.
Swastha dan Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset.
Whidya, Christina. 2008. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat.
Zeithaml, V.A., Bitner, M.J., Grember, D.D. 2009. Service Marketing (5 ed). Singapore: The McGraw-Hill Companies, Inc.
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengukur dan mengetahui pengaruh antara harga dan pelayanan terhadap keputusan konsumen baik secara parsial maupun simultan. Pengambilan sampel berjumlah 50 responden pada PT. Lotte Mart Panakkukang di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang menjelaskan hubungan kausal (sebab akibat) antara variabel harga menunjukkan nilai thitung 5,391 >nilai ttabel 2,01174 dengan nilai variabel pelayanan menunjukkan nilai thitung 1,167>ttabel dan hasil uji F menunjukkan nilai Ftabel 3,19. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa persamaan Y=6,167+0,549+0,158+e. Hasil uji validitas menunjukkan nilai Rtabel sebesar 0,2787 dan berarti nilai Rhitung >dari Rtabel dan ini berarti valid. Selanjutnya variabel harga dan pelayanan secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen pada PT. Lotte Mart Panakkukang di Kota Makassar.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Adisaputro, Gunawan. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Basu Swasta & Hani Handoko. 2010. Manajemen Pemasaran: Analisis danPerilaku Konsumen. BPFE. Yogyakarta.
Fandy, Tjiptono. 2000. Strategi Manajemen. Yogyakarta: Andi Offset.
Fandy, Tjiptono. 2000. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta : Andi Offset.
Fandy Tjiptono. 2002. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andy.
Gunawan. (2019). Regresi Linear Berganda. Suka Bumi: Skripsi Bisa.
Hannah & Karp. 2007. Customer SatisfactionZ: How to Maximize, Measure and
Market your company’s Ultimate Product, New York: American Management Association.
Herdiana, Nana. 2015 .Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Husein Umar. 2007, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kadek Ria Mariska, d. (2014). Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap KeputusanBerbelanja pada Minimarket Sastra Mas Tabanan.
Kotler & Keller. 2012. Marketing Management, 14th, Person Education.
Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2008. (Terj. Bob Sabran) Prinsip prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2012. (terj, Bob Sabran) Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 dan 2. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Kevin keller. 2012. Marketing Management. New York:McGraw Hill.
Kotler, Philip. (2002). Manajemen pemasaran. Jilid kedua. (10 ed). Jakarta:Prenhallindo.th
Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta:Erlangga.
Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Schiffman, Leon & Leslie Kanuk. (2004). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks.
Setiadi, Nugroho J. (2008). Business Economics and Managerial Decision Making: Aplikasi Teori Ekonomi dan Pengambilan Keputusan
Manajerial Dalam Dunia Bisnis. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Stanton Wiliam J. 2011. Prinsip Pemasaran, jilid I Edisi 7. Jakarta: Erlangga.
Stanton, W.J., M.J. Etzel, & B.J. Walker. 2000. Fundamentals of Marketing. New York: McGraw-Hill Inc.
Sunarto. (2003). Perilaku Konsumen. Yogyakarta : AMUS Jogyakarta dan CV. Ngeksigondo Utama.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. 2012. Konsep Dasar Ritel Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Edisi I. Yogyakarta: Center For Academic Publishing Service.
Suhartanto, Dwi. 2014. Metode Riset Pemasaran. Edisi1. Bandung: Alfabeta.
Swastha, Basu. 2002. Azas-azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.
Swastha dan Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset.
Whidya, Christina. 2008. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat.
Zeithaml, V.A., Bitner, M.J., Grember, D.D. 2009. Service Marketing (5 ed). Singapore: The McGraw-Hill Companies, Inc.