Penerapan Strategi Survey Question Read Recided Review (SQ3R) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 22 Maros

Isi Artikel Utama

Maryam
Muh. Yunus
Elpisah
Muqtakdir Nurfalaq Syarif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa melalui Strategi Survey Question Read Recite Review (SQ3R) pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 22 Maros. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (action reseach) Kimis & Mc Tagrt. Subyek berjumlah 24 orang siswa. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi kemudian dianalisis mengunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil observasi keterampilan membaca pemahaman meningkat dari 70,83% pada siklus I dan meningkat menjadi 93,51% pada siklus II. Selain itu hasil tes juga menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari 50% pada siklus I menjadi 91,66% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  penerapan strategi survey question read recided review (SQ3R) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada muatan pembelajaran IPS Kelas IV SDN 22 Maros.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maryam, Yunus, M., Elpisah, & Nurfalaq Syarif, M. . (2023). Penerapan Strategi Survey Question Read Recided Review (SQ3R) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 22 Maros. EKONOMEKTRIKS, 6(2), 114-125. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/241
Bagian
Articles

Referensi

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Refika Aditama.

Apriliani, I. N., Hermawan, R., & Heryanto, D. (2019). Penerapan Metode SQ3R untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD, 4(II), 273–283.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Atikah, I., Iswara, P. D., Hanifah, N., Studi, P., Upi, P., Sumedang, K., Mayor, J., & No, A. (2017). PENERAPAN METODE SURVEY , QUESTION , READ , RECITE , REVIEW ( SQ3R ) DENGAN PERMAINAN “ POS PELANGI ” UNTUK MENINGKATKAN. 2(1).

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. PT.Raja Grafindo Persada.

Faridah, R. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bumi Aksara.

Harefa, A. (2009). Penilaian Dan Hasil Belajar. Didaktik, 3(1), 31–15.

Harras, K. (2010). Membaca 1. Rineka Cipta.

Jainah, E., Yarmi, G., & Hasanah, U. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Sq3r (Survey Question Read Recite Review) Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri …. Dinamika Bahasa Sekolah …. http://journal.pgsdfipunj.com/index.php/bahasa/article/view/122

Maesaroh, S. (2021). SQ3R Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Non Fiksi. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(2), 469–478. https://doi.org/10.31002/ijel.v4i2.3137

Rahmawati, A. (2016). No Title. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 127–133.

Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Graha Ilmu.

Sugiharti, R. E., Pramintari, R. D., & Destianingsih, I. (2020). Indonesian Journal of Primary Education Metode SQ3R sebagai Solusi dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. 4(2), 238–247.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulistyaningsih, L. S. (2016). Membaca 2. In Universitas Terbuka. Universitas Terbuka.