Pengaruh Economic Value Added (eva) dan market value added (mva) Terhadap Harga Saham Di Bursa Efek Indonesia

Isi Artikel Utama

Supratman Tajuddin
Andi Mulyadi Radjab

Abstrak

Penelitian ini dilakukan pada Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk  menganalisis pengaruh Economic Value Added (EVA) terhadap harga saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan juga untuk  menganalisis pengaruh Market Value Added (MVA) terhadap harga saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hipotesis penelitian ini adalah Economi Value Added (EVA) berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dan Hipotesis Kedua dalam penelitian ini adalah Market Value Added (MVA) berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. . Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Hasil pengujian pada uji t menunjukkan bahwa MVA berpengaruh negatif secara signifikan terhadap harga saham.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Tajuddin, S. ., & Mulyadi Radjab, A. (2023). Pengaruh Economic Value Added (eva) dan market value added (mva) Terhadap Harga Saham Di Bursa Efek Indonesia. EKONOMEKTRIKS, 6(2), 97-105. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/214
Bagian
Articles

Referensi

Andriyani, Lusiana Noor. 2008. “Analisis Kegunaan Rasio-Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perubahan Laba (Studi Empiris: Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BEI)”. Skripsi.Semarang: Universitas Diponegoro.

Anoraga, Pandji, dan Pakarti Piji. 2001. Pengantar Pasar Modal. Edisi Revisi. PT Asdi Mahasatya. Jakarta.

Budiman, Ignatius Sarto Kothson. 2007. Analisis Hubungan Profitabilitas Dengan Harga Saham Sektor Usaha Makanan Dan Minuman Di BEI. Journal The Winners, Jakarta.

Brigham, Eugene F dan Houston. 2006. Fundamental of Financial Management: Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 10.Jakarta: Salemba Empat.

Bukit, Gita Evadini. 2003. Pengaruh Economic Value Added terhadap harga saham di Pasar Modal (study kasus pada bursa efek Jakarta). Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Widyatama.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Keempat .Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartono, Jogiyanto. 2008. Teori Portofolio Dan Analisis Investasi. BPFE , Yogyakarta.

Hermina, Sihasale. 2001. Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta. Universitas Diponegoro.

Hendrata. 2001. Analisis Economic Value Added (EVA) Dan Market Value Added (MVA) Sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan Serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Himawan, F. Agung dan Sukardi. 2009. Pengaruh Economic Value Added, Market Value Added, dan Operating Income terhadap Return Saham pada Industri Mining di Bursa Efek Indonesia periode 2003-2007. Esensi Volume 12 No. 3/2009.

Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi 2008. Jakarta: PT.RAJAGRAFINDO PERSADA.

Kertonegoro, Sentanoe. 2000. Analisa dan Manajemen Investasi, Edisi Pertama, PT. Widya Press, Jakarta.

Meythi, dkk. 2011. Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Ekonomi, Universitas Kristen Maranatha. Vol 10, No. 2, Mei 2011, Hal.2671-2684. ISSN: 1693-8305.

Mirzah, T., dan S. Imbuh. 1999. Konsep Economi Value Added: Pendekatan untuk Menentukan Nilai Riil Manajemen. Manajemen Usahawan Indonesia. Januari, No.1, TH XXVIII, Hal. 37-40.

Mudrajad, Kuncoro. 2001. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : UPP AMP YKPM.

Mulia, Teodora Winda. 2002. Penerapan Konsep EVA sebagai Added Approach Dari Analisis Rasio Keuangan Untuk Mengukur Kinerja PT. Gudang Garam Di Kediri, Jurnal Widya Manajemen dan Akuntansi, no 2 : hal 129-149.

N, Anthony Robert dan Vijay Govindarajan. 2002. Sistem Pengendalian Manajemen, Diterjemahkan Oleh Kurniawan Tjakrawala, Edisi Satu, Salemba Empat : Jakarta.

Octaviany, Wilsa dkk. 2021. Pengaruh Economic Value Added, Market Value Added, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham. Jurnal Akuntansi, Perpajakan dan Auditing. Vol.2 No. 1. Hal 89-108.

Parhusip, Evawaty. dkk. 2021. Pengaruh EVA, Sales Growth, MVA, DER, Laba Bersih Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia. Jurnal Politeknik Kebumen Vol. 5 No.1. Hal. 126-134.

Putra, Kevin Kuasa dan Mentiana Sibarani. 2018. Analisis Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Ritel Di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2014-2017. Jurnal Accounting and Business Studies. No.2. Hal 79-94.

Puspita, Viandina, Isnurhadi, M.A. Rasyid Hs. Umrie. 2015. Pengaruh Economic Value Added (EVA) Dan Market Value Added (MVA) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Kelompok Lq-45 Di Bursa Efek Indonesia.

Priyatno, Dwi. Mandiri Belajar SPSS (Untuk Analisis Data dan Uji Statistik), Yogyakarta: MediaKom, 2008.

Rahayu, Mariana Sri. 2007. Analisis Pengaruh EVA dan MVA terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Yogyakarta:Universitas Islam Indonesia.

R, Bergitta Sonia, Zahroh Z.A dan Devi Farah Azizah. Analisis pengaruh Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA) dan Return On Investment (ROI) Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2012). Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 9 No.1 April 2014.

Rousana, Mike. 1997. Memanfaatkan EVA Untuk Menilai Perusahan di Pasar Modal Indonesia, Usahawan No. 04 Tahun XXVI, April 1997.

Sari, dan Zuhrotun, “Keinformatifan Laba Di Pasar Obligasi dan Saham: Uji Liquidation Option Hypothesis”, Simposium Nasional Akuntansi 9, Padang, 2006

Sartono, Agus. 2001. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPEF-YOGYAKARTA.

Sasongko, Noer & Nila Wulandari. 2006. Pengaruh Eva Dan Rasio-Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham. Empirika, Vol. 19 No. 1, Juni 2006 (hal 64-80).

Siamat, Dahlan. 2004. Manajemen Lembaga Keuangan. Edisi Keempat. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Universitas Indonesia.

Simanjuntak, Payaman J. 2011. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.