Analisis Pertumbuhan Industri Terhadap Economic Human Resources

Isi Artikel Utama

Maulidya Permatasari

Abstrak

Industri merupakan suatu wadah dalam memberikan akumulasi gambaran adanya kegiatan dari pelaku-pelaku ekonomi. Pelaku ekonomi ini yakni pengusaha dan badan usaha yang dari kegiatan ekonomi akan memberikan nilai terhadap kehidupan masyarakat. Industri juga telah meramu adanya penetapan berbagai kebijaksanaan didalamnya. Setiap industri yang dibangun pasti membutuhkan kebijaksanaan atau aturan agar dalam pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Perkembangan industri memberikan efek terhadap economic human resources atau sumber daya manusia ekonomi. Sumber daya manusia ekonomi merupakan pola pikir manusia yang berjiwa ekonomi, sehingga memberikan acuan antara kebutuhan ekonomi dengan pola individu dalam mengaplikasikan hal tersebut. Sumber daya manusia ekonomi atau economic human resources ini sangat penting karena tanpa hal ini, maka industri tidak dapat berjalan. Terdapat variabel lurus antara industri dengan economic human resources. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif atau menganalisis secara komprehensif data sekunder. Terdapat tiga hal pengaruh pertumbuhan industri terhadap economic human resources yaitu, peningkatan industri manufaktur, penyerapan tenaga kerja, dan peningkatan investasi. Adanya penelitian ini telah memberikan gambaran secara umum dan spesifik mengenai arti pentingnya economic human resources dalam pertumbuhan industri di Negara Indonesia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Permatasari, M. . (2023). Analisis Pertumbuhan Industri Terhadap Economic Human Resources. EKONOMEKTRIKS, 6(2), 78-88. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/197
Bagian
Articles

Referensi

Basri, F., 2002, Perekonomian Indonesia Tantangan dan Harapan Bagi Kebangkitan Ekonomi Indonesia, Erlangga, Jakarta.

Basri, F., 2005, Analisis Ekonomi, Kompas, Jakarta.

Biro Pusat Statistik, 2023, BPS catat penyerapan tenaga kerja naik 3,02 juta orang dalam setahun - ANTARA News”https://m.antaranews.com/amp/berita/3521820/bps-catat-penyerapan-tenaga-kerja-naik-302-juta-orang-dalam-setahun diakses pada tanggal 20 Agustus 2023.

Biro Pusat Statistik, 2022, “Ini Sektor Penyerap Tenaga Kerja Terbanyak per Februari 2022”https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/10/ini-sektor-penyerap-tenaga-kerja-terbanyak-per-februari-2022 diakses pada tanggal 20 Agustus 2023.

Badan Koordinasi Penanaman Modal, 2022, “DPMPTSP – Investasi Indonesia Bergerak Bangkit Pasca Pandemi”https://dpmpt.kulonprogokab.go.id/detil/1432/investasi-indonesia-bergerak-bangkit-pasca-pandemi diakses pada tanggal 20 Agustus 2023.

Laporan Kementerian Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), 2023, “Realisasi Investasi di Indonesia Capai Rp. 328 Triliun pada Kuartal I-2023”https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/02/realisasi-investasi-di-indonesia-capai-rp328-triliun-pada-kuartal-i-2023 diakses pada tanggal 20 Agustus 2023.

Mulyadi, S., 2014, Ekonomi Sumber Daya Manusia dalam Perspektif Pembangunan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Nikensari, S.I., 2018, Ekonomi Industri. Teori dan Kebijakan, Samudra Biru, Yogyakarta.

Sholihah, I. M., Syaparuddin, dan Nurhayani., 2017, Analisis Investasi Sektor Industri Manufaktur, Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. Jurnal Paradigma Ekonomika 12 (1), hal 15-16.

Saputro, G. E., dan Meirinaldi., 2021, Pengaruh Stabilitas Makro Ekonomi, Stabilitas Keamanan Dan Pertumbuhan Industri Strategis Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Ekonomi, Volume 23 Nomor 1, hal 5-7.

Teguh, M., 2016, Ekonomi Industri, Rajawali Pers, Jakarta.