Penerapan Teknik Pembelajaran Consider All Factors Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 40 Makassar
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan teknik pembelajaran Consider All Factors pada siswa kelas VIII A SMPN 40 Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 40 MAKASSAR tahun ajaran 2020-2021, dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif serta menggunakan dua siklus yang ada sebagai metode analisis data yang mengambil lokasi penelitian di SMPN 40 Makassar.
Dalam penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data observasi dan tes. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan evaluasi pada setiap akir siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif dengan dilengkapi tabel frekuensi dan persentase.
Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa, pada siklus I dengan nilai rata-rata 69,87 dan meningkat pada siklus II menjadi 81,06 dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa, pada siklus I adalah 46,87 % meningkat pada siklus II menjadi 84,37 %
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Hajar Aswad, S. . (2023). Penerapan Teknik Pembelajaran Consider All Factors Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 40 Makassar. EKONOMEKTRIKS, 6(1), 73-85. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/128
Bagian
Articles
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Abdul Majid, 2013:3. Strategi Pembelajaran, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Abu Amadi& Widodo Supriyono, 2004: 126. Psikologi Belajar. Jakarta: RinekaCipta
AgusRetnanto, 2011:105. Teknologi Pembelajaran,Nora Media Enterprise, Kudus
Agussuprijono, 2009:5-6. Kooperatif Learning :Teoridan Aplikasi PAIKEM. Surabaya :Pustaka Pelajar
Aqib Z, 2009:41. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: YramaWidya
Arikunto, 2003:127.Analisis Deskriptif. Jayakarta: PT Bina Askara
Dimyati, 2002:13. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: RinekaCipta
Isriani Hardani dan Dewi Puspitasari, 2012:83. Strategi Pembelajaran Terpadu; Teori, Konsep Dan Implementasi, Familia, Yogyakarta
Khanifatul, 2013:15. Pembelajaran Inovatif, Ruzz Media, Yogyakarta
M. Dalyono, 1997:195. Psikologi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta
Sanjaya, 2006:35 Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Predana Media
Sardiman, 2007: 20-21. Interaksidan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo PersadaCipta
Sardiman, 2004: 38. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo PersadaCipta
Sudjana, 2005: 54. Dasar-Dasar Proser Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Suyatno, 2009:75. Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Masmedia Buana Pustaka
Slameto, 2003: 3. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto, 1991:90. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Undang-Undang repoblik Indonesia Nomor 20 tahun 20003 tentang system pendidikan nasional. 1989. Jakarta: PT Jaya Utama
Wiriaatmadja. 2005:102. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta/Bumi Aksara.
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan teknik pembelajaran Consider All Factors pada siswa kelas VIII A SMPN 40 Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 40 MAKASSAR tahun ajaran 2020-2021, dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif serta menggunakan dua siklus yang ada sebagai metode analisis data yang mengambil lokasi penelitian di SMPN 40 Makassar.
Dalam penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data observasi dan tes. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan evaluasi pada setiap akir siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif dengan dilengkapi tabel frekuensi dan persentase.
Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa, pada siklus I dengan nilai rata-rata 69,87 dan meningkat pada siklus II menjadi 81,06 dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa, pada siklus I adalah 46,87 % meningkat pada siklus II menjadi 84,37 %
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Abdul Majid, 2013:3. Strategi Pembelajaran, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Abu Amadi& Widodo Supriyono, 2004: 126. Psikologi Belajar. Jakarta: RinekaCipta
AgusRetnanto, 2011:105. Teknologi Pembelajaran,Nora Media Enterprise, Kudus
Agussuprijono, 2009:5-6. Kooperatif Learning :Teoridan Aplikasi PAIKEM. Surabaya :Pustaka Pelajar
Aqib Z, 2009:41. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: YramaWidya
Arikunto, 2003:127.Analisis Deskriptif. Jayakarta: PT Bina Askara
Dimyati, 2002:13. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: RinekaCipta
Isriani Hardani dan Dewi Puspitasari, 2012:83. Strategi Pembelajaran Terpadu; Teori, Konsep Dan Implementasi, Familia, Yogyakarta
Khanifatul, 2013:15. Pembelajaran Inovatif, Ruzz Media, Yogyakarta
M. Dalyono, 1997:195. Psikologi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta
Sanjaya, 2006:35 Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Predana Media
Sardiman, 2007: 20-21. Interaksidan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo PersadaCipta
Sardiman, 2004: 38. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo PersadaCipta
Sudjana, 2005: 54. Dasar-Dasar Proser Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Suyatno, 2009:75. Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Masmedia Buana Pustaka
Slameto, 2003: 3. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto, 1991:90. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Undang-Undang repoblik Indonesia Nomor 20 tahun 20003 tentang system pendidikan nasional. 1989. Jakarta: PT Jaya Utama
Wiriaatmadja. 2005:102. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta/Bumi Aksara.