https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/saintek/issue/feed Jurnal SAINTEK Patompo 2025-02-07T04:26:30+00:00 Ishak Amar, S.T.,M.T amarishak334@gmail.com Open Journal Systems <div style="text-align: justify;"><strong>Saintek Patompo:</strong> Jurnal Sains dan Teknologi Patompo (<strong>Online ISSN: 3021-7113</strong>) menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang Sains (fisika, kimia, biologi, ilmu bumi, sains data) dan Teknologi (teknologi informasi, teknologi transportasi, teknologi komunikasi, teknologi medis dan teknologi konstruksi), yang belum pernah dipublikasikan.</div> <p>Penerbit jurnal <strong>SAINTEK</strong> Patompo adalah Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Patompo Penulis dalam jurnal dapat berasal dari berbagai tingkatan, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, dan pemerhati IPTEKS. Jurnal SAINTEK Patompo terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan <em><strong>Februari</strong> </em>dan <em><strong>Agustus</strong></em>. Keseluruhan artikel yang masuk terlebih dahulu akan melalui proses review yang dilakukan oleh reviewer.</p> https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/saintek/article/view/413 Tinjauan Nilai Paramater Marshall dan Kehilangan Berat Perkerasan AC-WC Memanfaatkan Filler Limbah Serat Serabut Kelapa 2025-02-07T04:19:17+00:00 Andi Ibrahim Yunus andiibrahimjunus@yahoo.com Afifah Masruniwati afifahmasruniwati236@unpatompo.ac.id Erdawaty erdawatyaisyah@gmail.com Ritnawati ritnawati.nn@gmail.com <p>Jalan mempunyai peran yang sangat strategis. Konstruksi jalan mampu menopang beban kendaraan yang lewat dan mendistribusikan beban pada lapisan di bawahnya, termasuk landasan jalan tanpa menimbulkan kerusakan berarti pada struktur jalan itu sendiri. Perencanaan jalan raya yang telah banyak diteliti tetang pengembangan dan modfikasi aspal dengan memanfaatkan bahan pengisi (filler) dari limbah agar dapat membuat campuran aspal yang ramah terhadap lingkungan. Permasalahan kualitas campuran beraspal dan rongga yang besar menjadi hal yang perlu diperhatikan, sehingga dilakukan penelitian selanjutnya dengan menambahkan bahan tambah serat serabut kelapa pada campuran AC-WC, pemanfaatan serat serabut kelapa sebagai bahan tambah pada campuran AC-WC diharapkan dapat meningkatkan kualitas campuran, kerena fungsi dari serat serabut kelapa yang dicampurkan ke dalam campuran beraspal dapat meningkatkan kualitas daya ikat antar agregat dengan aspal sehingga meningkatkan kinerja campuran khususnya stabilitas menjadi lebih kuat. Adapun tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui besaran nilai paramater <em>Marshall</em> dan kehilangan berat perkerasan AC-WC. Berdasarkan hasil Pengujian <em>Marshall</em> dan <em>Cantabro</em> diperoleh nilai Paramater <em>Marshall</em> dan nilai&nbsp;kehilangan berat menggunakan limbah serat serabut kelapa sebagai subtitusi material <em>filler</em> dengan variasi persentase campuran sebesar 25%, 50%, dan 75% terhadap abu batu memenuhi persyaratan Spesifikasi Umum Bina Marga Tahun 2018 Revisi&nbsp;2, sehingga limbah serat serabut kelapa dapat digunakan pada campuran perkerasan AC-WC.</p> 2025-02-07T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal SAINTEK Patompo