Edupreneurship Mahasiswa Universitas Patompo (Pelatihan Pembuatan Minuman Susu Kurma Dan Kopi Kekinian)

Main Article Content

Widiastini Arifuddin
Hasisa Haruna
Dwiyanti

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) melalui kegiatan edupreneurship yang telah dilaksanakan bertujuan agar mahasiswa dapat menambah pengetahuan tentang teknik penjualan secara online dengan menggunakan media sosial yang biasa digunakan oleh peserta, terbentuknya kreativitas dalam mengolah kurma menjadi produk minuman yang selain memiliki rasa yang enak juga memiliki kandungan gizi yang tinggi serta meningkatkan nilai ekonomis dari kurma, berkembangnya keterampilan dalam mengolah kopi menjadi minuman yang memiliki cita rasa yang enak, segar, dan lebih variatif, serta meningkatkan jiwa kewirausahaan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini dengan menggunakan pelatihan dan pendampingan. Pelaksanaan kegiatan pelatihan pembuatan minuman kekinian dilakukan di Ruang Inkubator Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Patompo, diikuti sebanyak 20 peserta. Sasaran dari pelatihan ini adalah Mahasiswa Universitas Patompo. Kegiatan ini terdiri dari dua bagian yaitu pembuatan susu kurma dan pembuatan kopi kekinian. Tahapan pelaksanaan pada kegiatan edupreneurship terhadap mahasiswa Universitas Patompo terdiri dari penyuluhan, pelatihan dan demonstrasi serta Pendampingan. Pemateri memberikan gambaran tentang peluang usaha dengan modal yang sedikit, Pada tahapan pelatihan dan demonstrasi, semua peserta sangat antusias karena materi pelatihan bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang cara membuat susu kurma dan kopi kekinian, Pada tahapan pendampingan, pemateri mendampingi peserta mempraktekkan hasil pelatihan pembuatan susu kurma dan minuman kopi kekinian. Pada tahapan ini, dapat dilihat bahwa peserta telah mampu membuat susu kurma dan kopi kekinian secara mandiri.

Article Details

Section
Articles

References

Abdillah, M., Nazilah, N.R.K., Agustina, E. 2017. Identifikasi Senyawa Aktif dalam Ekstrak Metanol Daging Buah Kurma Jenis Ajwa (Phoenix dactylvera L.). Prosiding Seminar Nasional III “Biologi, Pembelajaran, dan Lingkungan Hidup Perspektif Interdisipliner”. Universitas Muhammadiyah Malang

Data Indonesia.id. Konsumsi Kopi Indonesia Terbesar Kelima di Dunia pada 2021. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/konsumsi-kopi-indonesia-terbesar-kelima-di-dunia-pada-2021. 13 Januari 2023.

Farhaty, N., Muchtaridi. 2016. Tinjauan Kimia dan Aspek Farmakologi Senyawa Asam Klorogenat pada Biji Kopi: Review. Farmaka: 14 (1): 214-227.

Mukhsin. 2019. Manfaat Penerapan Marketing Online (menggunakan E-Commerce dan Media Sosial) bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Teknokom (2): 1, 1-10.

Nafisah, U. 2019. Uji Aktivitas Antioksidan ekstrak Etanol Buah Kurma (Phoenix dactylivera L). Jurnal Farmasindo: 3(2). 01-04.

Royani, I., Mappaware, N.A., Hamsah, M., Latief, S., Syahril, E., 2022. Potensi Kurma Ajwa (Phoenix Dactilifera L.) Bagi Kesehatan Reproduksi Wanita Dalam Literatur Islam dan Penelitian Ilmiah Terkini: Literatur Review. UMI Medical Journal: 7 (2). DOI: 10.33096/umj.v7i2.222.

Satuhu, S. 2010. Kurma Khasiat dan Olahan. Penebar Plus+. Jakarta.

Sutrisno, W. 2017. Edupreneurship sebagai Pemerkaya Kompetensi untuk Memperkuat Daya Saing Lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia, 23-36.