Ekonomi Kreatif Berbasis Kewirausahaan (Pelatihan Pembuatan Selai dari Buah Naga yang Bernilai Ekonomis)

Main Article Content

Rahmawati
Muh. Yahya
Asmirawati
Andi Baharuddin
Sitti Maryam

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan membuat selai dari buah naga yang memiliki nilai ekonomis. Dengan memperkenalkan keterampilan membuat selai dari buah naga, masyarakat dapat menjadikan lahan usaha alternatif yang memiliki prospek pasar yang sangat menjanjikan. Kegiatan pengolahan buahh naga menjadi selai dapat membantu masyarakat khususnya peserta kegiatan pengabdian untuk meningkatkan pendapatan keluarga dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat Desa Tanakaraeng Kecamatan Manuju Kabupaten Gowa. Hasil kegiatan ini memberikan hasil diantaranya, adalah: 1) Masyarakat memiliki pengetahuan dan keterampilan pembuatan selai dari buah naga yang memiliki nilai jual yang sangat menjanjikan, 2) masyarakat memiliki alternatif kegiatan usaha yang dapat membantu pendapatan keluarga, 3) tidak sulit baik modal usaha maupun tempat usaha untuk mengembangkan usaha pembuatan selai berbahan buah naga, 4) usaha pembuatan selai dari buah naga dapat membantu pemerintah dalam mengatasi persoalan pengangguran dengan tersedianya lapangan usaha baru.

Article Details

Section
Articles

References

Agustina, W. W., & Handayani, N. M. (2016). Pengaruh penambahan wortel (Daucus carota) Terhadap Karakteristik Sensorik Dan Fisikokimia Selai Buah Naga Merah (Hyloreceus polyrhizuz). 1(1).

Aryanta, I. W. R. (2022). Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan. E-Jurnal Widya Kesehatan, 4(2), 8–13.

Chayati, I., Ratnaningsih, N., & H, T. H. W. (2011). Teknologi pengolahan buah naga dan diversifikasi produk olahannya sebagai upaya peningkatan jiwa kewirausahaan di SMK Agriindustri. Inotek, 15(2), 182–195.

Chrisanto, E. Y., Rachmawati, M., & Yulendasari, R. (2020). Penyuluhan manfaat buah naga merah dalam menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus. Indonesia Berdaya, 1(2), 89–94.

Hairunisa, I., Nur, D., Hanifa, C., Utama, D. A., Ningsih, C., & Shaleh, I. (2020). Inovasi Sabun Batang Buah Naga Merah ( Hylocereus polyrhizus ) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Desa Batuah Kalimantan Timur. Prosiding Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 124–133.

Rosyady, A. F., Hamdi, F. L., Rizky, R. A., Harli, K. G. P., Bawedan, A., & Ramadhan, M. A. K. (2022). Digitalisasi UMKM Untuk Meningkatkan Nilai Ekonomis dan Inovasi pada Industri Kreatif. JEECOM Journal of Electrical Engineering and Computer, 4(1), 18–23.

Sari, G. S., Susi, & Nurlely. (2017). Komposisi Kandungan Gula Buah Naga Hylocereus costaricensis yang Tumbuh Di Perkebunana Anorganik Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Borneo Journal Pharmascientech, 1(2), 1–8.

Wahyuni, R. (2012). Pemanfaatan Buah Naga Super Merah (Hylocereus costaricensis) Dalam Pembuatan Jenang Dengan Perlakuan Penambahan Daging Buah Yang Berbeda. Teknologi Pangan : Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, 4(1), 71–92.