Literasi Digital pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Sobali Resoe di Kecamatan Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang

Main Article Content

Andi Sawe RI Esso
,Nurdiana
Muhlis
Andi Izzatulfiddah
Andi Aris Mattunruang

Abstract

Kecamatan Kulo adalah sebuah kecamatan yang terdapat di kabupaten Sidenreng Rappang Provinsi Sulawesi Selatan. Kecamatan Kulo memiliki potensi sumber daya yang cukup memadai untuk peningkatan pendapatan masyarakatnya salah satunya adalah tenaman hortikultura. Di kecamatan ini, sudah banyak masyarakat yang menggunakan smartphone, namun masih banyak masyarakat yang belum mampu memanfaatkan media tersebut dengan cerdas. Khsususnya pada KWT Sobali Resoe tantangan yang dihadapi oleh KWT Sobali Resoe adalah bagaimana cara untuk menyampaikan informasi produk ini melalui proses digital marketing yang efektif dan efisien serta bagaimana mengetahui kepada siapa produk tersebut akan ditawarkan. Inilah mengapa tim pelaksana dalam kegiatan pengabdian masyarakat memberikan pendampingan penguatan ilmu pengetahuan dalam program literasi digital secara mengkhusus untuk produk hortikultura KWT Sobali Resoe. Metode yang digunakan pada pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan menggunakan Metode Ceramah, Demonstrasi, dan Diskusi. Hasil dari program ini peserta mampu merancang strategi digital marketing sesuai standar.

Article Details

Section
Articles

References

Ferdinandus Lidang Witi, Y. D. D. Y. K. (2022). Peningkatan Pemahaman Literasi Digital pada Masyarakat di Desa Nggolonio Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(08), 992–996.

Fharaz, V. H., Kusnadi, N., & Rachmina, D. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Literasi E-Marketing Pada Petani. Jurnal Agribisnis Indonesia, 10(1), 169–179.

Setyowati, Y. (2021). Literasi Media Digital untuk Pendampingan Anak bagi Ibu-Ibu Dusun Jodog Desa Gilangharjo Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul. Journal of Community Development & Empowerment, 1(2), 59–69.

Usman, S. (2021). Penguatan Ketahanan Masyarakat dalam Menghadapi Era New Normal melalui Penerapan Teknologi Tepat Guna Bidang Pertanian. Seminar Nasional Pengabdian Fakultas Pertanian UNS, 1(1), 24–31.

Zahro, E. K., & Mahasiswa. (n.d.). Kemampuan Literasi Digital untuk Meningkatkan Keuntungan Usaha pada Kalangan Pelaku Usaha Skala Kecil di Kota Surabaya. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results