Pembinaan Kemampuan Guru Melalui Media Pembelajaran Matematika IPA
Main Article Content
Abstract
Pelaksanaan kegiatan ini menyangkut pemberian penjelasan tentang pentingnya penggunaan alat peraga dan mengapa alat peraga penting digunakan pada siswa serta merencanakan pembelajaran yang aktif, efektif, dan menyenangkan dengan memaksimalkan alat peraga. Dari hasil dan evaluasi kegiatan disimpulkan bahwa kegiatan ini dapat: (1) dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta tentang pentingnya alat peraga dalam menanamkan konsep matematika dan IPA; (2)memotivasi guru untuk menggunakan media/alat peraga matematika dan IPA dalam setiap pembelaran matematika; (3) dapat memotivasi dan menginspirasi guru untuk aktif dan kreatif merancang dan membuat alat peraga lainnya dalam rangka mewujudkan pembelajaran yang aktif, efektif dan menyenangkan dengan memaksimalkan penggunaan alat peraga yang melibatkan karakteristik yang dimiliki siswa. Selain itu,dapat direkomendasikan: (1) Untuk mencapai hasil kegiatan yang maksimal maka perlu dilakukan seleksi peserta kegiatan dengan baik; (2) Untuk meningkatkan aplicabel materi maka perlu dilakukan implementasi secara berkelanjutan; (3) Kegiatan pelatihan ini masih perlu dilakukan secara kontinu.
Article Details
References
Budiman, A. A. et al. (2017) ‘Model Pembelajaran Ipa Dengan Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Kreativitas Siswa Di Mts Ma’Arif Cikeruh, Jatinangor’, Dharmakarya, 5(1), pp. 56–60. doi: 10.24198/dharmakarya.v5i1.8879.
Maulida Rezkia, S. R. R. (2016) ‘Kreatovitas Guru Matematika Kelas VIII dalam Pembelajaran Matematika di MTSN Model Martapura’, Https://Medium.Com/, 02(1), pp. 81–94. Available at: https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.
Nurrita, T. (2018) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), p. 171. doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.
Sonah (2016) ‘Peningkatan Kemampuan Guru dalam Membuat dan Menggunakan Alat Peraga Dalam Pembalajran Melalu Pendekatan CONDISKER Pada SDN 1 Balepanjang Jatipurno Wonogiri Semester Genap 2017/2018’, Malihpeddas, 11(2), pp. 172–189. Available at: https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.
Suryatin, L., Dasar, S. and Sumput, N. (2020) ‘Peningkatan Kreativitas Guru Dalam Membuat Alat Peraga Inovatif Melalui in House Training Di’, Journal of Indonesian Education, 3(1), pp. 30–38.
Syukriani, A. et al. (2022) ‘Pelatihan Penggunaan Alat Peraga IPA Matematika Bagi Guru-Guru di Kabupaten Pangkep’, Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), pp. 92–98. doi: 10.35877/panrannuangku621.