Pembuatan Pupuk Organik Cair Dari Kotoran Sapi dengan menggunakan EM4

Main Article Content

Andi Sumarlin. K

Abstract

Pupuk kompos atau pupuk padat organik memang tidak sepopuler pupuk kimia yang beredar di pasaran. Permasalahan yang sering terjadi adalah minimnya informasi tentang cara membuat pupuk organik padat dari kotoran sapi ini. Para petani pun lebih tertarik menggunakan pupuk kimia karena dirasa lebih praktis dan mudah didapat. Berbeda halnya dengan pupuk padat yang perlu waktu dan tenaga untuk membuatnya, belum lagi sugesti yang mengatakan bahwa pupuk kimia memiliki dampak lebih baik dari pada pupuk organik. Padahal sebenarnya pupuk organik mempunyai kualitas yang tidak kalah dalam hal pemberian nutrisi pada tanah dan tumbuhan. Hanya saja reaksi yang ditimbulkan pupuk organik memang lebih lambat dari pada pupuk kimia. Jika bahan-bahan sudah tersedia melimpah. Seperti cara membuat pupuk organik padat dari kotoran sapi yang akan kita ulas berikut ini, pastinya informasi ini akan sangat berguna bagi Anda yang tinggal di dekat peternakan sapi atau menjadi peternak sapi yang bingung mengolah limbah sapi ini.

Article Details

Section
Articles

References

Ariyanto,s.e..perbaikan kualitas pupuk kandang sapi dan aplikasinya pada tanaman jagung manis (zea mays saccharata sturt). staf pengajar fakultas pertanian umk. jurnal sains dan teknologi

Dewi, Putri Ratna & Kanevi Octova Paradita. 2010. Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Kotoran Hewan (Sapi). Program Studi Diploma III Teknik Kimia Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Dedy Permana. 2011. Kualitas Pupuk Organik Cair dari Kotoran Sapi Pedaging yang Difermentasi Menggunakan Mikroorganisme Lokal. Skripsi. Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Institut Pertanian Bogor.

https://ilmubudidaya.com/cara-membuat-pupuk-organik-padat-dari-kotoran-sapi

Tb.Benito A.K, Yuli A. H., Eulis T. M, dan Ellin Harlia. Pemanfaatan Feses Sapi Perah Menjadi Pupuk Cair dengan Penambahan Saccharomyces cerevisiae. Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Bandung. Jurnal Ilmu Ternak, Desember 2013, Vol. 13, No. 2.