Pengembangan Jiwa Berwirausaha Bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga Melalui Pembuatan Kopi Kekinian Di Kompleks Perumahan Green Marannu Land, Kabupaten Gowa

Main Article Content

Dwiyanti
Hasisa Haruna
Nur Aslindawaty
Rezeki Amaliah

Abstract

Usaha kopi merupakan usaha yang mudah dijalankan dan juga keuntungan yang didapat terbilang sangat menjanjikan. Peluang usaha kopi terbilang sangat bagus dan sangat cerah. Usaha kopi menjadi suatu pilihan usaha minuman yang menjanjikan hingga banyak orang yang tertarik menekuni usaha tersebut. Peluang untuk usaha olahan kopi masih terbuka lebar serta sangat menguntungkan bagi IRT di kompleks perumahan Green Marannu Land. Prospek dalam usaha kopi dapat dikatakan sangat cemerlang dan menguntungkan. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah keterampilan dalam mengelola kopi menjadi poduk minuman, Meningkatnya pengetahuan dalam menghitung biaya produksi, dan meningkatnya keterampilan IRT di kompleks perumahan Green Marannu Land. IRT diberi bimbingan sampai mereka mampu mempraktekkan sendiri tanpa harus dibimbing lagi.


 

Article Details

Section
Articles

References

Rahardjo, P. (2012). Panduan Budidaya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rasmikayati, E., Afriyanti, S., & Saefuddin, B. R. (2020). Keragaan, Potensi, dan Kendala pada Usaha Kedai Kopi di Jatinagor. Jurnal Agribisnis dan Teknologi Pangan, 26-45.

Probowati, Y., & Priyambudi, S. (2022). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Dalam Pengelolaan Sampah Berbasis Ekonomi Kemasyarakatan Di Pondok Benowo Indah Surabaya.

Anugrah, G. T. P. Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga pada Program Eco Business Indonesia (EBI) dalam Meningkatkan Kesejahteraan (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Sadiyah, H., & Tazkiya, U. A. (2023). Pelatihan inovasi produk snack stik bawang di desa Kedungwangi. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 7(1), 67-76.

Sunardi, H., & Cahyadi, L. F. (2022). Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Dalam Pembangunan Pedesaan Di Desa Pandan Duri Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur NTB. AL-Madani: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 115-145.

Cempaka, L., & Asiah, N. (2020). Pelatihan Pembuatan Yoghurt dari Susu Bubuk Instan Full Cream pada Ibu-Ibu Kota Pelangi di Pancoran, Jakarta Selatan. Indonesian Journal for Social Responsibility, 2(1), 1-9.