Peran Penting Bumdes Dalam Menggerakkan Produk UMKM Desa Dalam Mewujudkan Ekonomi Kreatif

Main Article Content

Wahyudi Putera
Nisma Iriani
Muqtakdir Nurfalaq Syarif
Saripuddin
Mattarima

Abstract

Kondisi masyarakat Desa Limbung Kab. Gowa yang mayoritas berpenghasilan rendah dan tidak menentu membuat Desa ini membutuhkan BUMDes sebagai lembaga usaha desa yang mewadahi kreativitas usaha bersama masyarakat. Tujuan dari PKM ini adalah untuk memberi sosialisasi tentang pentingnya keberadaan Badan usaha Milik Desa (BUMDes) untuk menggerakkan perekonomian di Desa serta memaksimalkan ekonomi kreatif dalam mewujudkan UMKM yang kreatif dan inovatif guna untuk mendapatkan kemandirian secara usaha BUMDes nantinya. Metode yang digunakan yaitu sosialisasi dan pendampingan. Hasil dari sosialisasi ini ialah peningkatan pemahaman masyarakat tentang pendirian dan pengelolaan BUMDes. Kegiatan ini juga berhasil mengedukasi secara mendalam mengenai pentingnya ekonomi kreatif di desa kepada masyarakat sebagai nilai ekonomi dalam menghasilkan UMKM kreatif dan inovatif. PKM ini telah mampu menjelaskkan ecara lengkap kepada masyarakat Desa Limbung Kab. Gowa mengenai BUMDes bagaimana dalam menghasilkan UMKM yang berdaya saing yang akan berdampak pada ekonomi kreatif yang ada di daerah khususnya di Kab, Gowa. Masyarakat telah memperoleh pengetahuan tentang bagaimana mengoptimalkan potensi Desa Limbung Kecamatan bajeng Kab. Gowa, sehingga dapat bernilai komersil yang bermanfaat untuk mendukung pendapatan masyarakat setempat.

Article Details

Section
Articles

References

Agunggunanto, E. Y., Arianti, F., Kushartono, E. W., & Darwanto, D. (2016). Pengembangan desa mandiri melalui pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes). Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis, 13(1).

Kustanti, R. (2022). Pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif di Kabupaten Jepara. Jurnal Ekobistek, 246-251.

Muhardono, A., & Satrio, D. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm di Desa Kertoharjo Kelurahan Kuripan Kertoharjo. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 359-368.

Thamrin, M. I., Syarif, M. N., Putera, W., Kibka, M., & Weda, R. (2024). Open Class & Pengembangan Modul Ajar Berbasis Outdoor Learning. MALEBBI: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(2), 12-18.

Vinsensia, D., Utami, Y., Jannah, N., & Wulandari, D. I. (2023). Penerapan Inovasi Desain Kemasan Sebagai Branding Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), 2306-2311.

Wijandari, A., & Sumilah, N. (2021). Sosialisasi Manajemen Strategi Pemasaran Di UMKM Kecamatan Cileungsi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 61-64.

Wafda, A., & Anggraini, R. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kabupaten Soppeng. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat, 2(3), 117-125.

Yustisia, T. V. (2015). Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa dan Peraturan Terkait. Visimedia.

Zahruddin, A., Hariyono, R. C. S., Syifa, F. F., Al Syarief, S. W., & Asfahani, A. (2023). Pemberdayaan program pelatihan bumdes dalam mengembangkan perekonomian desa. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7771-7778.