Pelatihan Literasi Digital dalam Mendukung Sustainable Development Berwawasan Lingkungan Hidup

Main Article Content

Rizki Trisnawaty Arwien
Zose Wirawan
Andi Nur Veryani
Erma Sahabuddin
St. Muriati
Juwita Sari

Abstract

Pelatihan yang dilaksanakan di Malino pada akhir November  2022 ini diadakan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa meningkatkan keterampilan literasi digital mereka dengan mempelajari bagaimana membuat konten yang menarik terkait dengan lingkungan  dengan menggunakan platform YouTube, disisi lain mahasiswa dapat memanfaatkan platform YouTube untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap isu-isu keberlanjutan hingga akhirnya mereka dapat menyebarluaskan konten informatif, edukatif, dan inspiratif  tentang pelestarian lingkungan. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa program studi PGSD Universitas Negeri Makassar yang bejumlah 23 orang. Kegiatan diawali dengan tahap persiapan dengan pembentukan tim, perumusan kegiatan PkM, survey lapangan, pemantapan dan penentuan lokasi serta sasaran dan penyusunan bahan/materi pelatihan, yang meliputi bahan tayang pelatihan pembuatan bahan ajar. Metode pendampingan ini dilakukan dengan cara pemberian teori, demonstrasi dan praktik langsung. Hasil yang diperoleh dari kegiatan tersebut berupa konten-konten informatif dan dokumentasi keindahan alam atau tempat wisata, wawancara dengan pengelola tempat wisata, perlindungan lingkungan, keanekaragaman hayati, pengolahan limbah, atau praktik berkelanjutan.

Article Details

Section
Articles

References

Afriyanti, L., & Junaidi, K. (2022, September). Pendampingan Pengenalan Literasi Digital untuk Pengembangan Santripreneur Sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif di Pondok Pesantren: Digital Literacy Accompanied for Santripreneur Development as Creative Economic Activator At Islamic Boarding School. In SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (pp. 495-500).

Cahyono, G., & Hassani, N. (2019). YouTube seni komunikasi dakwah dan media pembelajaran. Jurnal Dakwah, 23, 23-38.

Djafar, A., & Rahmat, A. (2023). Model Pembelajaran Literasi Digital dalam Pemberdayaan Masyarakat Menuju Era Society 5.0. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 3(2), 527-532.

Nurmalina, N., Rahila, C. D. I., Surbakti, A. H., Wahyuningsih, S. K., & Batubara, M. H. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. JPMA-Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 2(2), 48-53

Pujayanti, D. A. (2020). Industri halal sebagai paradigma bagi sustainable development goals di era revolusi industri 4.0. Youth & Islamic Economic Journal, 1(01), 20-33.)

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya peningkatan pendidikan berkualitas di Indonesia: Analisis pencapaian sustainable development goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096-7106.

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL

https://www.bing.com/ck/a?!&&p=ced99c4841bef4ebJmltdHM9MTcwMzgwODAwMCZpZ3VpZD0xOTI4MWQ5NS1hZWIzLTYxYzMtMjQ3YS0wYzZmYWFiMzZmZTcmaW5zaWQ9NTI3MQ&ptn=3&ver=2&hsh=3&fclid=19281d95-aeb3-61c3-247a-0c6faab36fe7&psq=malino&u=a1aHR0cHM6Ly9pZC53aWtpcGVkaWEub3JnL3dpa2kvTWFsaW5vLF9UaW5nZ2ltb25jb25nLF9Hb3dh&ntb=1 ze 13)

https://www.pricebook.co.id/article/tips_tricks/9609/membuat-channel-YouTube