Pelatihan Literasi Digital dalam Mendukung Sustainable Development Berwawasan Lingkungan Hidup
Main Article Content
Abstract
Pelatihan yang dilaksanakan di Malino pada akhir November 2022 ini diadakan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa meningkatkan keterampilan literasi digital mereka dengan mempelajari bagaimana membuat konten yang menarik terkait dengan lingkungan dengan menggunakan platform YouTube, disisi lain mahasiswa dapat memanfaatkan platform YouTube untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap isu-isu keberlanjutan hingga akhirnya mereka dapat menyebarluaskan konten informatif, edukatif, dan inspiratif tentang pelestarian lingkungan. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa program studi PGSD Universitas Negeri Makassar yang bejumlah 23 orang. Kegiatan diawali dengan tahap persiapan dengan pembentukan tim, perumusan kegiatan PkM, survey lapangan, pemantapan dan penentuan lokasi serta sasaran dan penyusunan bahan/materi pelatihan, yang meliputi bahan tayang pelatihan pembuatan bahan ajar. Metode pendampingan ini dilakukan dengan cara pemberian teori, demonstrasi dan praktik langsung. Hasil yang diperoleh dari kegiatan tersebut berupa konten-konten informatif dan dokumentasi keindahan alam atau tempat wisata, wawancara dengan pengelola tempat wisata, perlindungan lingkungan, keanekaragaman hayati, pengolahan limbah, atau praktik berkelanjutan.
Article Details
References
Afriyanti, L., & Junaidi, K. (2022, September). Pendampingan Pengenalan Literasi Digital untuk Pengembangan Santripreneur Sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif di Pondok Pesantren: Digital Literacy Accompanied for Santripreneur Development as Creative Economic Activator At Islamic Boarding School. In SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (pp. 495-500).
Cahyono, G., & Hassani, N. (2019). YouTube seni komunikasi dakwah dan media pembelajaran. Jurnal Dakwah, 23, 23-38.
Djafar, A., & Rahmat, A. (2023). Model Pembelajaran Literasi Digital dalam Pemberdayaan Masyarakat Menuju Era Society 5.0. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 3(2), 527-532.
Nurmalina, N., Rahila, C. D. I., Surbakti, A. H., Wahyuningsih, S. K., & Batubara, M. H. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. JPMA-Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 2(2), 48-53
Pujayanti, D. A. (2020). Industri halal sebagai paradigma bagi sustainable development goals di era revolusi industri 4.0. Youth & Islamic Economic Journal, 1(01), 20-33.)
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya peningkatan pendidikan berkualitas di Indonesia: Analisis pencapaian sustainable development goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096-7106.
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
https://www.pricebook.co.id/article/tips_tricks/9609/membuat-channel-YouTube