Pengembangan Modul Ajar Bebasis Projek Basic Learning (PJBL) Dan Problem Basic Learning

Main Article Content

Syarifuddin
Elpisah
H. Muh. Yunus
Arnida
Ansar

Abstract

Kegiatan Pelatihan Penyusunan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek.(PBJL) dan Penyusunan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) IKM dilaksanakan selama 1 (satu) hari di SD Inpres Tamanyelleng Barombong Kab. Gowa, pada tanggal Sabtu 26 Agustus  2023 dengan tujuan; a). Guru-Guru memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang Implementasi Kurukulum Merdeka Belajar ,b) Guru- Guru memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang Modul Ajar, c). Mampu mempelajari dan mampu menyusun Modul Pembelajaran Berbasis Proyek Basic Learning  (PBJL), d). Mampu mempelajari dan mampu menyusun Modul Pembelajaran Berbasis Problem Basic Learning (PBJL)., e). Mempraktekkan Cara Penyusunan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek PBJL dan Problem Basic Learning (BPL).


Adapun sasaran Pelatihan Penyusunan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek.(PBJL) dan Penyusunan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) IKM yaitu peserta guru- guru yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG ) SD Tamanyelleng Barombong Kab. Gowa, dengan jumlah 62 orang guru  


Berdasarkan hasil kusioner mengukur tingkat pemahaman peserta guru- guru Kelompok kerja Guru SD Manyellengang  Barombong kab Gowa yang berjumlah 62 orang Guru  adalah kategori baik sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan Penyusunan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek.(PBJL) Dan Penyusunan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) IKM Berhasil. tetapi walaupun secara rata- rata item materi baik masih ada materi yang memerlukan perbaikan seperti; 1). Pemahaman terhadap P5 dan Project Based Learning dan PBL, 2). Karakteristik Pembelajaran Berbasis Proyek dan Problem Basic Learning, 3). Prosedur Penyusunan Modul Ajar dan Praktik Penyusunan Modul Ajar PBJL dan PBL.

Article Details

Section
Articles

References

Kemendikbudristek. 2021. Presentasi Sosialisasi Kurikulum Merdeka. Jakarta Kemendikbudristek

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. 2021. Paparan Pembelajaran Paradigma Baru . Jakarta : Kemendikbudristek

SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No.009/H/KR/2022 tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.

SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No.008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2007. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Tan, O. S., Chye, S, & Teo, C. T. (2009). Problem based learning and creativity: eview of the literature. Dalam Tan, O. S. Problem based learning and reativity (pp: 15-38). Singapore: Cengange Learning Asia Pte. Ltd.

Tomlinson, C. A. 2001. How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. ASCD. Tomlinson. (Modul 2.1 PGP, 2021)

Widoodo & Jasmadi. (2008). Buku Panduan Penyusunan Bahan Ajar. Jakarta: PT amedia Pustaka Utama