Pelatihan Penggunaan Google Classroom Bagi Guru-Guru SMPN 17 Marusu Kabupaten Maros

Main Article Content

Sitti Hajar Aswad
Moh. Mulyadi
Harti Oktarina
Yusniar Rasjid

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan peserta dalam menggunakan Google Classroom sebagai salah satu dari media pembelajaran selain tatap muka di kelas, (2) meningkatkan pemahaman peserta mengenai konsep media pembelajaran berbasis elektronik, khususnya google classroom, (3) meningkatkan kemampuan peserta dalam mengelola kelas dan nilai di dalam google classroom. Pencapaian tujuan tersebut  dilakukan melalui  pelatihan dengan metode  praktikum secara langsung dan ceramah. Kemampuan pemahaman peserta diperoleh berdasarkan hasil evaluasi terhadap peserta didik. Evaluasi dilakukan dua cara, yaitu melalui kuesioner dan melalui praktik di tempat. Berdasarkan hasil evaluasi akhir menjelaskan bahwa setelah dilakukannya pelatihan terkait pemahaman dan pengoperasian Google Classroom dapat ditarik kesimpulan bahwa semua peserta mampu memahami dan mengoperasikan Google Classroom dan bahkan di 69,8% peserta sudah sangat mampu dalam mengoperasikan Google Classroom.

Article Details

Section
Articles

References

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

(2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Mayasari, Fitria, et.all. (2019). Pelatihan Komunikasi Efektif Media Pembelajaran Google Class Room Bagi Guru MAN 2 Model Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 3(1), Mei 2019, ISSN : 2550-0198.

Munawaroh, I. (2005). Virtual Learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Majalah Ilmiah Pembelajaran, (2). Retrieved from https://www.neliti.com/publications/22 000/virtual-learning-dalam pembelajaran-jarak-jauh

Wijaya, Andri dan Aliyanto, Arif. (2016). Analisis Kegunaan dan Kemudahan Terhadap Penggunaan Google Apps For Education.Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi di Industri (SENIATI) 2016. ISSN: 208-4218. Malang: Institut Teknologi Nasional.