Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Produk Daur Ulang Bernilai Ekonomis dalam Upaya Mengurangi Limbah Plastik

Main Article Content

Nurlailah Syarfiah asfo
Dillah Faradillah Hasanah
Riski Aprilianti Baharuddin
Rizka Rayhana Burhan
Soemarno Hidayatullah S

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan mendaur ulang sampah plastik menjadi barang yang berguna. Dengan memperkenalkan keterampilan mendaur ulang sampah plastik, masyarakat dapat menjadikan lahan usaha alternatif serta menjadikannya barang pribadi. Kegiatan mendaur ulang sampah plastik dapat membantu masyarakat khususnya peserta kegiatan pengabdian untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat di Kabupaten Gowa. Hasil kegiatan ini memberikan hasil diantaranya, adalah: 1) Masyarakat memiliki pengetahuan dan keterampilan mendaur ulang sampah plastik menjadi barang yang berguna, 2) masyarakat memiliki alternatif kegiatan usaha yang dapat membantu pendapatan keluarga, 3) tidak sulit baik modal maupun tempat dalam mendaur ulang sampah plastik, 4) mendaur sampah plastik dapat mengurangi sulitnya limbah tersebut terurai dan menjaga kelestarian lingkungan.

Article Details

Section
Articles

References

Purwaningrum, P. (2016). Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik Di Lingkungan. Indonesian Journal of Urban and Environmental Technology, 8(2), 141–147.

Putra, H. P., & Yuriandala, Y. (2010). Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Barang dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains &Teknologi Lingkungan, 2(1), 21–31.

Setyowati, R., & Mulasari, S. A. (2013). Pengetahuan dan Perilaku Ibu Rumah Tangga dalam Pengelolaan Sampah Plastik. Kesmas: National Public Health Journal, 7(12), 562.

Sofiana, Y. (2010). Pemanfaatan Limbah Plastik sebagai Alternatif Bahan Pelapis (Upholstery) pada Barang Interior. Humaniora, 1(2), 331.

Suminto, S. (2017). Ecobrick: solusi cerdas dan kreatif untuk mengatasi sampah plastik. PRODUCTUM Jurnal Desain Barang (Pengetahuan Dan Perancangan Barang), 3(1), 26.

Surono, U. B., & Ismanto. (2016). Pengolahan Sampah Plastik Jenis PP, PET dan PE Menjadi Bahan Bakar Minyak dan Karakteristiknya. Jurnal Mekanika Dan Sistem Termal, 1(1), 32–37.