Pelatihan Pembuatan Nugget Kulit Pisang Ibu-Ibu PKK Di Desa Borong Pa’lala

Main Article Content

Harti Oktarina
Herlina
Andi Bida Purnamasari
Nur Arisah

Abstract

Sebagian besar penduduk di Desa Borong Pa’lala bermata pencaharian sebagai petani. Salah satu potensi hasil pertanian adalah pisang lokal khas atau biasa disebut dengan pisang tanduk. Pisang tanduk ini hanya dijual dalam kondisi mentah atau matang begitu saja. Hal ini kurang memiliki nilai nilai ekonomi dari pisang tersebut. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi ceramah, tanya jawab atau diskusi, dan pelatihan. Ceramah dan tanya jawab dilakukan pada saat proses pelatihan mengenai materi pengabdian di hari pertama. Metode pelatihan pembuatan nugget pisang dilakukan dengan praktik. Kegiatan ini melibatkan dosen dengan berbagi tugas sebagai fasilitator, pembimbing praktik dan pelatihan serta kepanitiaan. Metode pelatihan nantinya dibuat 3 kelompok dengan masing-masing kelompok ada pembimbing praktik. Keunggulan nugget berbahan pisang local ini sebagai alternatif produk olahan dari pisang lokal, mudah dibuat dan menambah nilai ekonomi jika nanti dipasarkan. Pengabdian ini juga bertujuan mengangkat manfaat potensi hasil pertanian khususnya pisang local khas Colo menjadi produk olahan. Luaran yang diharapkan dapat dicapai adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat dan kader Ibu-Ibu PKK dalam membuat nugget pisang serta publikasi artikel ilmiah pengabdian di jurnal nasional tidak terakreditasi.

Article Details

Section
Articles

References

Aan W, 2012. 20 Resep Kresi Nugget. Pena Semesta. Surabaya Arikunto,

Badan Standarisasi Nasional Indonesia, 2002.

Cahyo, A. 2003. Pembuatan Nuggets Tempe Kajian Penambahan Tepung Maizena dan Gluten Kering terhadap Sifat Fisik, Kimia, dan Organoleptik. Skripsi. UniversitasBrawijaya, Malang

Chaniago Ramadhani, 2017. Pengaruh Formulasi Daging Buah Pisang Lowe (Musa acuminate L.) Dan Daging Ayam Terhadap Karakteristik Sensoris Nugget. Jurnal Teknologi Pertanian Universitas Mulawarman 2017, 12(1):16-20.

Eka Jauharni, Eva Rusdianti M, Miftakhul Fazryn, I. A. Nuh Kartini, 2018. Pelatihan Pengolahan Pisang Menjadi Pisang Nugget Di Desa Mentaras Kec. Dukun Kab. Gresik. Jurnal Abdikarya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa Februari 2018 Vol 01 No 1.

Hartono, Arif & Janu, Pramudyo Bagas Hanggoro. 2013. Pelatihan Pemanfaatan Limbah Kulit Pisang Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Kerupuk. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, Volume 2 No 3, September 2019, Halaman 198-203.

Heflin Frinces. 2004. Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis. Darussalam. Yogyakarta

Nurani, D., Umar,A., 2011, Pengolahan Hasil Pertanian, Perikanan dan Kelautan,, LPPM ITI, Serpong.

Suharsimi.2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Triyuni Hikmatun, 2014. Eksperimen Penggunaan Filler Tepung Kulit Pisang Dalam Pembuatan Nugget Tempe. Food Science and Culinary Education Journal 3 (1) (2014).

Winarno FG, 1992. Kimia Pangan dan Gizi. Penerbit Gramedia, Jakarta.