Edukasi Pemanfaatan Lahan Sempit dalam Budidaya Tanaman Sayur

Main Article Content

Andi Nur Veryani
Wiwik Wiji Astuti

Abstract

Dalam kehidupan manusia perlu adanya keserasian antara keberadaan tanaman dengan lingkungan sekitar, dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup. Semakin bertambahnya penduduk, maka akan terjadi peningkatan kebutuhan, baik kebutuhan pangan maupun kebutuhan pemukiman. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk menunjang tujuan tersebut adalah dengan melakukan usaha budidaya tanaman pada lahan yang sempit seperti pekarangan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi pemanfaatan pekarangan dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Praktik budidaya tanaman dilahan pekarangan sebenarnya bukan hal yang baru bagi mahasiswa di Universitas Patompo, tapi seiring dengan berjalannya waktu hal ini semakin ditinggalkan, sehingga saat ini banyak lahan pekarangan yang menjadi gersang. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan motivasi mahasiswa dalam memanfaatkan lahan sempit yang ada sebagai sumber pangan dan juga menjadi peluang untuk memperoleh pendapatan. Metode pelaksanaan kegiatan adalah penyuluhan dan diskusi. Hasil kegiatan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa mahasiswa di Universitas Patompo mengetahui dan tertarik melakukan budidaya tanaman sayur dengan memanfaatkan lahan pekarangan mereka.

Article Details

Section
Articles

References

Annisahaq, A., Hanani, N., & Syafrial, S. 2014. Pengaruh Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Dalam Mendukung Kemandirian Pangan dan Kesejahteraan Rumah Tangga (Studi Kasus di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kota, Kota Kediri). Habitat, 25(1), hal 32-39.

Ashari, Saptana dan Purwanti, TB. 2012. Potensi dan Prospek Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Mendukung Ketahanan Pangan. Forum Penelitian Agro Ekonomi. Volum 30 No 1 hal 13-30.

Astuti Pudji Umi, Tri WAhyuni, dan Bunaiyah Honorita. 2013. Petunjuk Juknis Budidaya Sayuran Di Lahan Pekarangan. Bengkulu: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP).

Ayuningtyas Cita Eri. 2019. Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Meningkatkan Gizi Keluarga. Yogyakarta: K-Media.

Buletin Pemantauan Ketahanan Pangan Indonesia. 2017. Tren konsumsi dan produksi buah dan sayuran. https://docs.wfp.org/api/documents/WFP-0000024091/download/?_ga=2.20936048.937089387.15123576 60-1786263564.1512357660 . 2019 Juli 01.

Purwasih Rati, Evahelda, Fournita Agustina, Yudi Sapta Pranoto. 2019. Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Budi Daya Sayuran Secara Hidroponik di Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. Volume (5), Nomor (3), Halaman (195-201).

Riah. 2005. Pemanfaatan Lahan Pekarangan. Penebar Swadaya. Jakarta

Saliem, H. P. 2011. Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL): Sebagai Solusi Pemantapan Ketahanan Pangan. Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, Balitbangtan, Jakarta.

Solihin Eso, Apong Sandrawati, dan Wawan Kurniawan. 2019. Pemanfaatan Pekarangan Rumah Untuk Budidaya Sayuran Sebagai Penyedia Gizi Sehat Keluarga. Skripsi. Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian. Padjadjaran: Universitas Padjadjaran.

Wardana, Wa ode Dian P, dan Muzuna. 2021. Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Budidaya Tanaman Sayuran Organik Di Desa Kaongkeongkea Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri. Volume (5), Nomor (2), Halaman (374-384).