Pemanfaatan Tes Golongan Darah Bagi Siswa Smp Negeri 10 Bantimurung, Kab. Maros

Main Article Content

Herlina
Muh. Rizaldi Trias Jaya Putra
Andi Dewi Rizka Ainulia
Ninah Wahyuni

Abstract

Pengabdian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Bantimurung yang terletak di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Permasalahan mitra yaitu siswa SMPN 10 Bantimurung  belum mengetahui dan memahami tentang uji gologan darah serta siswa juga tidak mengetahui jenis golongan darah mereka miliki. Alternatif solusi masalah yaitu memberikan pengetahuan kepada siswa tentang pentingnya mengetahui golongan darah, adapun target luaran yang ingin dicapai yaitu meningkatnya pengetahuan siswa dan guru SMPN 10 Bantimurung tentang golongan darah. Metode yang akan dilakukan yaitu presentasi tentang uji golongan darah dengan menggunakan zat anti A dan zat anti B serta zat anti AB. Dari hasil kegiatan yang telah dilakukan diperoleh hasil semua siswa SMPN 10 Bantimurung yang telah melakukan uji golongan darah sudah memahami tentang pentingnya uji tersebut serta 100% siswa telah mengetahui golongan darah mereka.

Article Details

Section
Articles

References

Azmielvita 2009. Genetika Dasar. FK UNRI 5 Maret 2018. Dibaca pada http://yayanakhyar. wordpress.com.

Harahap, I., Gesriantuti, N., Herlina, N., Elsie, & Badrun, Y. (2018). Pelatihan Pemeriksaan Golongan Darah bagi Guru Biologi SMAN 14 Pekanbaru dalam Rangka Peningkatan Kualitas Guru. Jurnal SOLMA, 7(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29405/solmal.v7i2.1176.

Rahman, I., Darmawati, S., & Kartika, A. I. 2019. Penentualn Golongaln Dalralh Sistem Al-B-O dengaln Serum dan Reagen Anti-seral Metode Slide. GASTER, 17, 77–85. https://doi.org/https://doi.org/10.30787/galster.v17i1.330.

Maharani, E. A. Dan Noviar, G. 2018. Bahan Ajar teknologi Laboratorium Medis “Imunohematologi dan Bank Darah”, PPSDM-BPPSDMK, Jakarta : Kementrian Kesehatan RI.

Selano, Maria Karolina, Veronica Ririn Marwaningsih, and Niken Setyaningrum. 2020. “Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu (GDS) Dan Tekanan Darah Kepada Masyarakat.” Indonesian Journal of Community Services 2(1).

Swastini, D., A. Lestari, N. Laksmiani, and E. Setyawan. 2016. “Pemeriksaan Golongan Darah Dan Rhesus Pelajar Kelas 5 Dan 6 Sekolah Dasar Di Desa Taro Kecataman Tegallalang Gianyar.” Buletin Udayana Mengabdi 15(1).

Hoffbrand, A. V, Moss, P. A. H., and Pettit, J. E. 2006. Essential Haematology. Blackwell Publishing.

Amroni, A. 2016. Penerapan Rule Base Expert System Untuk Mengetahui Hasil Perkawinan antar Golongan Darah. Jurnal Ilmiah Media SISFO, 10(2), 666–675