Peran Influencer, Viral Marketing, dan Citra Merek dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Lokal pada Followers Instagram @Somethincofficial

Isi Artikel Utama

Natasya Ananda Lili
Risma Niswaty
Aris Baharuddin
Haedar Akib
Andi Cudai Nur

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh influencer, viral marketing dan citra merek baik secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik lokal merek Somethinc. Adapun indikator-indikator dalam mengukur variabel dalam penelitian yaitu pada variabel influencer meliputi keahlian, kepercayaan, dan daya tarik. Indikator variabel viral marketing meliputi pengetahuan produk, kejelasan informasi produk, dan membicarakan produk. Indikator variabel citra merek meliputi kekuatan, keunikan, dan keunggulan atau kesukaan. Adapun untuk variabel keputusan pembelian indikatornya meliputi kemantapan pada sebuah produk, kebiasaan dalam membeli produk, memberanikan rekomendasi kepada orang lain, dan melakukan pembelian ulang. Metode penelitian  yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel yang digunakan yaitu sampel yang dirumuskan oleh Slovin yaitu sebanyak 100 responden, dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik analisis data berupa uji validitas dan reliabelitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda,uji hipotesis dan koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel influencer, viral marketing dan citra merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Begitupun secara simultan, variabel independen meliputi influencer, viral marketing dan citra merek secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Adapun hasil uji koefisien determinan  menunjukkan influencer, viral marketing dan citra merek memiliki nilai besaran pengaruh yang cukup tinggi terhadap keputusan pembelian produk kosmetik lokal merek Somethinc  pada Followers Instagram @Somethincofficial.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ananda Lili, N. ., Niswaty, R. ., Baharuddin, A. ., Akib, H. ., & Cudai Nur, A. . (2022). Peran Influencer, Viral Marketing, dan Citra Merek dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Lokal pada Followers Instagram @Somethincofficial. EKONOMEKTRIKS, 5(2), 132-139. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/77
Bagian
Articles

Referensi

Anwar, F. (2021). Irene Ursula:Bangun kepercayaan Pada Produk Kecantikan Lokal. Youngster. https://youngster.id/headline/irene-ursula-bangun-kepercayaan-pada-produk-kecantikan-lokal/

Ardani, N. T. Z. (2020). Pengaruh Kredibilitas Influencer Terhadap Keputusan Pemebelian (Survei Pada Konsumen Billionaires Project di Kelurahan Bintaro). Doctoral dissertation, Universitas Bakrie.

Adrianto, R. (2021). Kredibilitas Influencer dalam Membentuk Kepercayaan Konsumen terhadap Brand. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 54-60.

Bangsa, R. P. (2021). Potensi Pasar Besar, Kemenperin Dorong Industri Kosmetik Manfaatkan Bahan Baku Lokal. Gatra.com. https://www.gatra.com/news-529691-ekonomi-potensi-pasar-besar-kemenperin-dorong-industri-kosmetik-manfaatkan-bahan-baku-lokal.html

Cakti, A. (2019). Menunggu Solusi Jitu Untuk Menghadang Gempuran Kosmetik Impor. Antara. https://www.antaranews.com/berita/956318/menunggu-solusi-jitu-untuk-menghadang-gempuran-kosmetik-impor

Farisha, M. (2022). Model Perilaku Pembelian Produk Kosmetik Sebelum dan Selama Pandemi COVID-19:Implikasi Terhadap Pemasaran. Institut Pertanian Bogor.

Halim, A., & Tyra, M. J. (2021). Pengaruh Online Consumer Review dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Marketplace Shopee. Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntans, 18(1), 99–120.

Irawan, A. (2019). Pengaruh Viral Marketing dan Endoser Terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Awarness Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Produk Smartphone Merek Oppo di Kota Makassar). UIN Alauddin Makassar.

Kemenperin. (2020). Perubahan Gaya Hidup Dorong Industri Kosmetik. Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. https://kemenperin.go.id /artikel/21460/Perubahan-Gaya-Hidup-Dorong-Industri-Kosmetik

Keppres. (2021). Keputusan Presiden (KEPPRES) tentang Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/177404/ keppres-no-15-tahun-2021#:~:text=Keputusan Presiden (KEPPRES) NO., go.id %3A 7 hlm.&text=ABSTRAK%3A,Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi. 13. Terjemahan Alexander Sindoro, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Ma’ruf, H. (2005). Pemasaran Ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795

Mulyandi, R., & Tanuwijaya, J., (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Somethinc. Jurnal Sosial Sains, 1(5), 368–373. https://doi.org/10.36418/sosains.v1i5.81

Nasrul, N. F. N. (2021). Pengaruh Influencer Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Brand Irliana (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).

Nurullah, I. (2016). Pengaruh Influencer dalam Meningkatkan Brand Awareness dan Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus: Fashion Blogger Diana Rikasari dan Brand Up Shoes). Universitas Indonesia.

Purwatiningsih, S. D. (2021). Marketing Digital Campaign Dalam Membangun Startup Melalui Influencer Pada Masa Pandemi Covid-19. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 146-156.

Rachmawati, A. R. (2021). Pandemi Covid-19, Permintaan Kosmetik Tetap Tinggi. Ubahlaku.id. https://ubahlaku.id/read/260668/pandemi-covid-19-permintaan-kosmetik-tetap-tinggi

Sanahuja, N. (2020). The Science of Influencer Marketing. Omega Publishers.

Skrob, J. R. (2005). Open Source and Viral Marketing. University of Applied Science Kufstein, Vienna, Austria.

Sofia, H. (2022). Menelisik Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia versus TKDN. Netralnews.com.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Alfabeta.

Veirman, D. M., Cauberghe, V., & Hudders, L. (2017). Marketing through Instagram influencers: the impact of number of followers and product divergence on brand attitude. International Journal of Advertising, 36(5), 798–828.

Wiludjeng, S. (2006). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT “X”. Universitas Widyatama.

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i1.81