PENGARUH PERSEPSI SISWA ATAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AGAMA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 9 BULUKUMBA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa atas model pembelajaran kooperatif dan media pembelajaran terhadap motivasi belajar Agama siswa kelas XII IPS SMA Negeri 9 Bulukumba. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi siswa atas model pembelajaran kooperatif sebagai variabel bebas pertama (X1), media pembelajaran sebagai variabel bebas kedua (X2) dan motivasi belajar sebagai variabel terikat (Y). Populasinya seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 10 Bulukumba yang terdiri dari 102 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 51 siswa yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa atas model pembelajaran kooperatif (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan tingkat signifikan < 0,05 dan media pembelajaran (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan tingkat signifikan < 0,05. Persepsi siswa atas model pembelajaran kooperatif (X1) dan media pembelajaran (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar (Y) dengan tingkat signifikan < 0,05. Selain itu, koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,352 (35,2%). Hal ini berarti bahwa pengaruh persepsi siswa atas model pembelajaran kooperatif (X1) dan media pembelajaran (X2) terhadap motivasi belajar (Y) adalah sebesar 35,2% sedangkan sisanya 64,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Serta media pembelajaran (X2) dominan berpengaruh terhadap motivasi belajar dengan koefisien determinasi 0,442 atau 44,2%.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Tawakal, U. (2022). PENGARUH PERSEPSI SISWA ATAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AGAMA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 9 BULUKUMBA. EKONOMEKTRIKS, 5(2), 103-109. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/72
Bagian
Articles
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raya Grafindo Persada
Djamrah, Syaiful B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT Rineka Cipta
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS Update PLS Regresi Edisi 7. Semarang: Universitas Diponegoro
Ginting, Abdurrahman. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora
Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Bumi Aksara
Ibrahim & Syaoidih, Nana. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo
Narimawati. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Bandung : Agung Media
Notoatmodjo, Soekibdjo. (2007). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta
Purwanto, Ngalim M. . (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Rohani, Ahmad. (2014). Media Instruksional Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta
Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesinalisme Guru. Jakarta : Raja grafindo
Sanjaya, Wina. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media
. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media
Sardiman A.M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raya Grafindo Persada.
Shaleh, Abdulrahman.(2009). Psikologi : Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta : Predana Media Group
Sudjana, Nana. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, Jamil. (2017). Srategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta : kencana Prenada Media
Uno, Hamzah B. (2015). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Wahab, Rohmalina. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Raya Grafindo Persada
Sumber lain
Khasanah, Neni U. (2014). Pengaruh Metode Mengajar dan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Junaidah, Emy. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa di SMA Muhammadiyah 09”Panglima Sudirman” Malang. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa atas model pembelajaran kooperatif dan media pembelajaran terhadap motivasi belajar Agama siswa kelas XII IPS SMA Negeri 9 Bulukumba. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi siswa atas model pembelajaran kooperatif sebagai variabel bebas pertama (X1), media pembelajaran sebagai variabel bebas kedua (X2) dan motivasi belajar sebagai variabel terikat (Y). Populasinya seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 10 Bulukumba yang terdiri dari 102 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 51 siswa yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa atas model pembelajaran kooperatif (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan tingkat signifikan < 0,05 dan media pembelajaran (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan tingkat signifikan < 0,05. Persepsi siswa atas model pembelajaran kooperatif (X1) dan media pembelajaran (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar (Y) dengan tingkat signifikan < 0,05. Selain itu, koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,352 (35,2%). Hal ini berarti bahwa pengaruh persepsi siswa atas model pembelajaran kooperatif (X1) dan media pembelajaran (X2) terhadap motivasi belajar (Y) adalah sebesar 35,2% sedangkan sisanya 64,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Serta media pembelajaran (X2) dominan berpengaruh terhadap motivasi belajar dengan koefisien determinasi 0,442 atau 44,2%.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raya Grafindo Persada
Djamrah, Syaiful B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT Rineka Cipta
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS Update PLS Regresi Edisi 7. Semarang: Universitas Diponegoro
Ginting, Abdurrahman. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora
Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Bumi Aksara
Ibrahim & Syaoidih, Nana. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo
Narimawati. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Bandung : Agung Media
Notoatmodjo, Soekibdjo. (2007). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta
Purwanto, Ngalim M. . (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Rohani, Ahmad. (2014). Media Instruksional Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta
Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesinalisme Guru. Jakarta : Raja grafindo
Sanjaya, Wina. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media
. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media
Sardiman A.M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raya Grafindo Persada.
Shaleh, Abdulrahman.(2009). Psikologi : Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta : Predana Media Group
Sudjana, Nana. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, Jamil. (2017). Srategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta : kencana Prenada Media
Uno, Hamzah B. (2015). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Wahab, Rohmalina. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Raya Grafindo Persada
Sumber lain
Khasanah, Neni U. (2014). Pengaruh Metode Mengajar dan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Junaidah, Emy. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa di SMA Muhammadiyah 09”Panglima Sudirman” Malang. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.