PENGARUH PERSEPSI SISWA ATAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AGAMA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 9 BULUKUMBA

Isi Artikel Utama

Umar Tawakal

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa atas model pembelajaran kooperatif dan media pembelajaran terhadap motivasi belajar Agama siswa kelas XII IPS SMA Negeri 9 Bulukumba. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi siswa atas model pembelajaran kooperatif sebagai variabel bebas pertama (X1), media pembelajaran sebagai variabel bebas kedua (X2) dan motivasi belajar sebagai variabel terikat (Y). Populasinya seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 10 Bulukumba yang terdiri dari 102 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 51 siswa yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa atas model pembelajaran kooperatif (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan tingkat signifikan < 0,05 dan media pembelajaran (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan tingkat signifikan < 0,05. Persepsi siswa atas model pembelajaran kooperatif   (X1) dan media  pembelajaran  (X2)  secara  simultan  berpengaruh  signifikan  terhadap motivasi belajar (Y) dengan tingkat signifikan < 0,05. Selain itu, koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,352 (35,2%). Hal ini berarti bahwa pengaruh persepsi siswa atas model pembelajaran kooperatif (X1) dan media pembelajaran (X2)  terhadap  motivasi  belajar  (Y)  adalah  sebesar  35,2%  sedangkan  sisanya 64,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Serta media pembelajaran (X2) dominan berpengaruh terhadap motivasi belajar dengan koefisien determinasi 0,442 atau 44,2%.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Tawakal, U. (2022). PENGARUH PERSEPSI SISWA ATAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AGAMA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 9 BULUKUMBA. EKONOMEKTRIKS, 5(2), 103-109. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/72
Bagian
Articles

Referensi

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raya Grafindo Persada

Djamrah, Syaiful B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS Update PLS Regresi Edisi 7. Semarang: Universitas Diponegoro

Ginting, Abdurrahman. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora

Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Bumi Aksara

Ibrahim & Syaoidih, Nana. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo

Narimawati. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Bandung : Agung Media

Notoatmodjo, Soekibdjo. (2007). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Purwanto, Ngalim M. . (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Rohani, Ahmad. (2014). Media Instruksional Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesinalisme Guru. Jakarta : Raja grafindo

Sanjaya, Wina. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media

. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media

Sardiman A.M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raya Grafindo Persada.

Shaleh, Abdulrahman.(2009). Psikologi : Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta : Predana Media Group

Sudjana, Nana. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. (2017). Srategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta : kencana Prenada Media

Uno, Hamzah B. (2015). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Wahab, Rohmalina. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Raya Grafindo Persada

Sumber lain

Khasanah, Neni U. (2014). Pengaruh Metode Mengajar dan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Junaidah, Emy. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa di SMA Muhammadiyah 09”Panglima Sudirman” Malang. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.