PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XII SMA NEGERI 9 BULUKUMBA

Isi Artikel Utama

Chasiah

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Geografi. Rumusan masalah adalah apakah penerapan model pembelajaran  kooperatif  tipe  Mind Mapping  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  peserta didik pada mata pelajaran Geografi kelas XII IPA 1 SMA Negeri 9 Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta   didik   pada   mata   pelajaran   Geografi   melalui   penerapan   model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping kelas XII IPA 1 SMA Negeri 9 Bulukumba. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua  siklus  dan  setiap  siklus  dilaksanakan  tiga  kali  pertemuan.  Setiap  siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping dan hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan   dokumentasi.   Teknik   analisis   data   yang   digunakan   adalah   kualitatif deskripitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi guru dan peserta didik pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Hal ini sejalan dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Geografi dengan ketuntasan belajar siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulannya adalah bahwa dengan  menerapkan  model  pembelajaran  kooperatif tipe  Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Geografi kelas XII IPA 1 SMA Negeri 9 Bulukumba.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Chasiah. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XII SMA NEGERI 9 BULUKUMBA. EKONOMEKTRIKS, 5(2), 68-76. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/67
Bagian
Articles

Referensi

Aqib, Zainal. 2015. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Hariyanto. 2015. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. Huda, Miftahul. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-isu Metodis dan Paradigmatis). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Idrawan, Rully, dkk. 2014. Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran untuk Manajemen, Pembagunan dan Pendidikan). Bandung: PT. Refika Aditama.

Isjoni. 2015. Cooperative Learning. Bandung: Alfabet.

Jogiyanto. 2016. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lie, Anita. 2014. Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grassindo.

Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta Timur: Kata Pena.

Sapriya. 2015. Pendidikan IPS (Konsep dan Pembelajaran). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Supriatna, Yatna. 2012. Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengatahuan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperatve Learning (Teori dan Aplikasi Paikem). Surabaya. Pustaka Belajar.

Suyadi. 2015. Paduan Penelitian Tindakan Kelas (Buku Paduan Wajib Bagi Para Pendidik). Jogjakarta: Diva Press.

Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implematasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2005. Tentang Guru danDosen. Jakarta: Cemerlang.