ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PELAYANAN PEGAWAI DI KANTOR CAMAT LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP
Isi Artikel Utama
Abstrak
Dalam penelitian ini dilakukan analisis persepsi masyarakat terhadap kinerja pegawai di Kantor Camat Labakkang Kabupaten Pangkep yang difokuskan pada kinerja dalam pemberian pelayanan publik khsusnya terhadap masyarakat di Kecamatan Labakkang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 60 orang yang diambil menggunakan teknik sampling aksidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, dimana siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan atau dipilih sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan penulis menggunakan teknik pengumpulan data baik studi kepustakaan dan studi lapangan yang dapat mendukung proses penulisan skripsi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum persepsi masyarakat terhadap kinerja pegawai di kantor Camat Labakkang dalam memberikan
pelayanan ditinjau dari indikator kesederhanaan prosedur, kejelasan, kepastian waktu, kelengkapan sarana dan prasarana, keamanan, tanggung jawab, kedisplinan, kesopanan, keramahan, dan kenyamanan dikategorikan “Baik”.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Rachmawaty. (2022). ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PELAYANAN PEGAWAI DI KANTOR CAMAT LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP. EKONOMEKTRIKS, 5(1), 47-51. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/35
Bagian
Articles
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Asngari, P.S. 1984. Persepsi Direktur Penyuluhan Tingkat Keresidenan dan Kepala Peyuluh Pertanian terhadap Peranan dan Fungsi Lembaga Penyuluh Pertanian di Negara Bagian Texas Amerika Serikat. Media Peternakan Vol. 9 No. 2. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Chaplin. J.P. 1997. Kamus Lengkap Psikologi. Penerjemah Kartini Kartono. Catakan 1. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Gibson, James L. 1986. Organisasi Perilaku Struktur Proses. Edisi Kedelapan Jilid I, Binarupa Aksara. Jakarta.
Indrawijaya, Adam. 1989. Perilaku Organisasi. Cetakan Keempat. Sinar Baru. Bandung.
Isbandi, Adi R. 1994. Psikologi Pekerjaan Sosial dan Ilmu Sosial. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Lebouf, M. 1992. Memenangkan dan Memelihara Pelanggan. Penerbit Pustaka Tangga. Jakarta.
Anonimous, 2010. Labakkang Dalam Angka 2010. Kantor Camat Labakkang. Pangkep.
Rakhmat, Jalaluddin. 2001. Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Siagian. Sondang P. 1989. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Bina Aksara. Jakarta.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.
Walgito, B. 1994. Pengantar Psikologi Umum. Edisi Revisi. Cetakan Keempat. Andi Offset. Yogjakarta.
Wirawan, Sarwono S. 1992. Psikologi Lingkungan. Gramedia Widiasarana. Jakarta.
Yusuf. 1991. Konsepsi dan Strategi. Rineka Cipta. Jakarta.
Isi Artikel Utama
Abstrak
Dalam penelitian ini dilakukan analisis persepsi masyarakat terhadap kinerja pegawai di Kantor Camat Labakkang Kabupaten Pangkep yang difokuskan pada kinerja dalam pemberian pelayanan publik khsusnya terhadap masyarakat di Kecamatan Labakkang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 60 orang yang diambil menggunakan teknik sampling aksidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, dimana siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan atau dipilih sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan penulis menggunakan teknik pengumpulan data baik studi kepustakaan dan studi lapangan yang dapat mendukung proses penulisan skripsi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum persepsi masyarakat terhadap kinerja pegawai di kantor Camat Labakkang dalam memberikan
pelayanan ditinjau dari indikator kesederhanaan prosedur, kejelasan, kepastian waktu, kelengkapan sarana dan prasarana, keamanan, tanggung jawab, kedisplinan, kesopanan, keramahan, dan kenyamanan dikategorikan “Baik”.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Asngari, P.S. 1984. Persepsi Direktur Penyuluhan Tingkat Keresidenan dan Kepala Peyuluh Pertanian terhadap Peranan dan Fungsi Lembaga Penyuluh Pertanian di Negara Bagian Texas Amerika Serikat. Media Peternakan Vol. 9 No. 2. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Chaplin. J.P. 1997. Kamus Lengkap Psikologi. Penerjemah Kartini Kartono. Catakan 1. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Gibson, James L. 1986. Organisasi Perilaku Struktur Proses. Edisi Kedelapan Jilid I, Binarupa Aksara. Jakarta.
Indrawijaya, Adam. 1989. Perilaku Organisasi. Cetakan Keempat. Sinar Baru. Bandung.
Isbandi, Adi R. 1994. Psikologi Pekerjaan Sosial dan Ilmu Sosial. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Lebouf, M. 1992. Memenangkan dan Memelihara Pelanggan. Penerbit Pustaka Tangga. Jakarta.
Anonimous, 2010. Labakkang Dalam Angka 2010. Kantor Camat Labakkang. Pangkep.
Rakhmat, Jalaluddin. 2001. Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Siagian. Sondang P. 1989. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Bina Aksara. Jakarta.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.
Walgito, B. 1994. Pengantar Psikologi Umum. Edisi Revisi. Cetakan Keempat. Andi Offset. Yogjakarta.
Wirawan, Sarwono S. 1992. Psikologi Lingkungan. Gramedia Widiasarana. Jakarta.
Yusuf. 1991. Konsepsi dan Strategi. Rineka Cipta. Jakarta.