Strategi Manajemen Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Interpan Passifik Makassar)

Isi Artikel Utama

Muh. Kusnady Tabsir

Abstrak

Secara umum bahwasanya kinerja karyawan dapat ditingkatkan melalui peningkatan kompensasi dan motivasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pertama strategi manajemen dalam meningkatkan kinerja karyawan PT Interpan Passifik. Kedua untuk mengetahui hasil analisis SWOT terhadap strategi peningkatan kinerja karyawan dengan matriks IFAS dan EFAS dapat diidentifikasikan faktor-faktor penting baik dari lingkungan eksternal dan lingkungan internal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari peningkatan kinerja. Pendektan penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah kuantitatif penulis juga menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Dari hasil analisis didapat strategi pertumbuhan atau growth oriented strategy, strategi ini menandakan keadaan perusahaan yang kuat dan mampu untuk terus berkembang dengan mengambil kesempatan dan peluang yang ada untuk meraih omset yang maksimal. Strategi ini dipilih karena hasil perhitungan berada pada kuadran I dimana total weighted score kekuatan-kelemahan 2.710504 sedangkan total weighted score peluang-ancaman 2.653142. Posisi pada kuadran ini sangatmenguntungkan dan dapat diterapkan secara maksimal.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Kusnady Tabsir , M. (2022). Strategi Manajemen Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Interpan Passifik Makassar). EKONOMEKTRIKS, 5(1), 23-37. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/33
Bagian
Articles

Referensi

Barthos, Basir. Manajemen Sumber Daya Manusia: Suatu Pendekatan Makro,

Jakarta: Bumi Aksara. 2012.

Dharma, Surya. Manajemen Kinerja, yogyakarta:Pustaka Belajar. 2018 .

Fahmi, Irham. Kewirausahaan: Teori, Kasus dan Solusi, Bandung: Alfabeta. 2013.

Kertajaya, Hermawan. Syaria. h Marketing, Jakarta: Mizan. 2008.

Kuswandi. Cara Mengukur Kepuasan Kerja, Jakarta: Elex Media Komputindo. 2004.

Mangkunegara. Evaluasi Kinerja SDM, Bandung: Refika Aditama. 2010.

Mangkuprawira. Manajemen sumber dayamanusia Strategik. Jakarta: GhaliaIndonesia. 2003

Mardiah, Nila. Recruitmen, Seleksi, dan Penempatan dalam Persfektif Islam, Padang: Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol.

Marno dan Trio Supriyanto. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, Jakarta: PT. Refika Aditama. 2008.

Marwansyah. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung:Alfabeta. 2016.

Nawawi, Hadari. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yangKompetitif, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 2008.

Zuhrinal M. Pengantar Bisnis, Medan: Perdana Publishing. 2015.

Pabunda, Mohammad. Budaya Organisasi Dan PeningkatanKinerja Perusahaan, Jakarta: Bumi Aksara. 2006.

Patlima, Hamid. Metode Kualitatif , Bandung: Alfabeta. 2013.

Rangkuti, Freddy, David. Manajemen Strategi Konsep, Jakarta: Prenhalindo. 2002.

Analisis SWOT Teknik membedah Kassus Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2010.

Riduwan. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti

Schermerhorn, John R. Management, New York: John Wiley. 2011.

Sedarmayanti, Manajemen Strategi, Bandung: Refika Aditama. 2014.

Siagian, P Sondang. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara. 2010.

Solihin, Ismail. Pengantar Manajemen, Jakarta: Erlangga. 2010.

Suhartini. Kinerja Pegawai Suatu Kajian Dengan Pendekatan Analisis BebanKerja, Makassar: Alauddin University Press. 2012.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Remaja Rosdakarya. 2011.

Sutrisno, Edy. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Kencana. 2010.

Usmara,Usi.Implementasi Manajemen Strategi: Kebijakan dan Proses, Yogyakarta: Amara Book. 2013.

Wibowo. Manajemen Kinera,Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Yonder, Dale. MemahamiGood Goverment Dalam Persfektif Sumber Daya Manusia, Jakarta: Gava Media.

Dipang, Ladfia. 2013. “Pengembangan Sumber Daya Manusia dalamPeningkatan Kinerja Karyawan Pada PT. Hasjrat Abadi Manado”,Jurnal EMBA, Vol.1 No.3 September.

Halim, Rahmawati. 2014. “Analisis trategi Peningkatan Kinerja BagianSekretariat Pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banggai” dalam Jurnal Academic Fisip Unted, Vol. 06 No. 01 Februari.

Harahap,Isnaini. 2019. “Pengaruh Remunerasi, Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Medan”, Jurnal At-Tawassuth: Volume IV No. 1 Januari-Juni 2019

Aruperes,Dinny M. 2018. “Strategi Pengembangan Sumber Daya ManusiaDalam Rangka Peningkatan Kinerja Karyawan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Bitung” Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi danBisnis Universitas Sam Ratulangi.

Mirsal. 2017.“Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam UpayaPeningkatan Kinerja Karyawan Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Batusangkar” Skripsi, Jurusan Ekonomi Universitas PutraIndonesia YPTK Padang.

Pata, Rahmi. 2017. “PenerapanManajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD Unggulan Puri Taman Sari Kota Makassar, Tesis, Konsentrasi Pendidikan Islam Pascasarjana UINAlauddin Makassar.

RA, Widya. 2014. “Pengaruh pengembangan sumber daya manusia terhadapkinerja pegawai PT Bank BNI Syariah Cabang Dharmawangka Surabaya”. Skripsi, Juruasan Ekonomi Islam Prodi Ekonomi SyariahUIN Sunan Ampel Surabaya.

Ramadhan, Rivan. 2013. ”Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja KaryawanDepartemenSDMPT.PUSRI(PERSERO) Palembang”,skripsi, Palembang: Universitas Muhammadiyah FakultasEkonomi Jurusan Manajemen.