Keunggulan Kompetitif dan Penggunaan Teknologi Media Sosial Dalam Meningkatkan Volume Penjualan UMKM Di Kota Makassar

Isi Artikel Utama

Nurul Afiqah Annas
Asmirawati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keunggulan kompetitif dan teknologi sosial media terhadap volume penjualan UMKM di Kota Makassar. Penentuan sampel penelitian menggunakan Teknik sampling convenience sampling yaitu salah satu teknik pengambilan sampel didasarkan pada ketersedian elemen dan kemudahan untuk mendapatkannya. Sampel diambil/terpilih karena sampel tersebut ada pada tempat dan waktu yang tepat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode survei dengan kuesioner. Kuesioner adalah daftar pertanyaan yang disusun secara sistematis untuk dibagikan kepada responden. Selain itu, peneliti juga melakukan studi pustaka beberapa literatur yang berkaitan dengan topik penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis regresi linier berganda, uji ttest dan koefisien determinasi dengan bantuan program spss. Berdasarkan koefisien determinasi yang diperoleh dari hasil analisis data diketahui bahwa keunggulan kompetitif dan teknologi media sosial bersama-sama memiliki efek 0,191 atau 19,1 persen pada volume penjualan UMKM. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa secara parsial teknologi media sosial dan keunggulan kompetitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan UMKM. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara simultan keunggulan kompetitif dan teknologi media sosial bersama-sama berpengaruh terhadap volume penjualan UMKM.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Afiqah Annas, N. ., & Asmirawati. (2023). Keunggulan Kompetitif dan Penggunaan Teknologi Media Sosial Dalam Meningkatkan Volume Penjualan UMKM Di Kota Makassar. EKONOMEKTRIKS, 6(2), 89-96. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/213
Bagian
Articles

Referensi

Ahmad, Taufik Lubis dkk. 2020. The Impact of Life Style and Sosial Media on Purchasing Decisions in B-One Cafe, Medan. International Journal of Research and Review Vol.7.

Artley, W, dan Suzanne, S. 2001. Performance Based Management (Laboratory). University of California.

Aziz, N. N. A, dan Samad, S. 2016. Innovation and Competitive Advantage: Moderating Effects of Firm Age in Foods Manufacturing SMEs in Malaysia. Procedia Economics and Finance, Vol. 35. pp. 256-266.

Berawi, M. A. 2004. Quality revolution: Leading the innovation and competitive advantages. International Journal of Quality and Reliability Management, 21(4), 425–438. https://doi. org/10.1108/02656710410530118

David, R. F. 2015. Strategic Management Concepts and Cases Fifteenth Edition. England : Pearson Education Limited

Istiatin, Yani, B. H. 2018. Strategi Menciptakan Keberlanjutan UMKM Gitar, di Ngrombo, Baki, Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi, (1).

Krell, K, dan Matook, S. 2009. Competitive Advantage From Mandatory Investments: An Empirical Study of Australian Firms. Journal of Strategic Information Systems, 18(1), 31–45. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jsis.2008.12.001.

Leatemia, S. Y. 2020. Adopsi E-Commerce pada UMKM. Jurnal sosoq, 8 (2).

Marthavita, H. 2020. Membangun Keunggulan Bersaing untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis pada UKM Manufaktur. Fakultas Magister Manajemen, UNDIP, Semarang.

Meutia. 2012. Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Kecil Menengah Melalui Adaptabilitas Lingkungan Bisnis dan Aksesibilitas Dukungan Pemerintah. Semnas Fekon: Optimisme Ekonomi Indonesia.

Pavic S, Koh S, Simpson M, dan Padmore J. 2007. Could e-business create a competitive advantage in UK SMEs? Benchmarking: An International Journal 14(3), 320–351

Putri, S. M, Desmiyanti, dan Hariadi. 2020. Pengaruh Keunggulan Bersaing dan Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM. Jurnal of Publik and Business Accounting, 1(2)

Saiman, L. 2015. Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Srikalimah, Wardana, L. W, Ambarwati, D, Sholihin, Shobirin, R. A, dan Fajariah, N, and Wibowo, A. 2020. Do Creativity and Intellectual Capital Matter for SMEs Sustainability? The Role of Competitive Advantage. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7 (12), 397–408.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiarto. 2001. Teknik sampling. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja. PT.Rajagrafindo Persada : Jakarta

Yusni. 2009. Produktivitas Usaha Kecil Menengah di bidang manufaktur di Semarang : Tinjauan dari Sisi Gender. Dinamika Sosial Ekonomi, 3 (1)