Akulturasi Islam Dalam Adat Sampulo Rua Di Desa Manimbahoi Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa ( Studi Antropologi Agama )

Isi Artikel Utama

Nur Ahsan Syakur

Abstrak

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Adat Sampulo Rua sudah ada sejak dulu sebelum Islam datang dan masih dilestarikan sampai sekarang ini, yang dimana adat Sampulo Rua ini berasal dari Sinjai Barat yang di bawah oleh seorang Gallarrang bernama To’ Janggo atau Satong Dg Siratang yang berasal dari kampong laha-laha. Wujud Adat Sampulo Rua merupakan sebuah perlindungan untuk semua masyarakat Desa Manimbahoi. Kemudian tahapan-tahapan dalam praktek pelaksanaan wujud adat Sampulo Rua adalah menyiapkan hal-hal yang diperlukan serta pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan ritual ini yang wajib menghadiri ialah dua belas pemangku adat. Ritual ini dilaksanakan sebelum menanam pada musim kemarau dan hujan serta setelah panen padi. Adat Sampulo Rua jika dilihat dari nilai-nilai Islam yang terkandung dalam Adat Sampulo Rua yaitu, nilai musyawarah, nilai silaturahmi, nilai gotong royong, nilai kesyukuran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ahsan Syakur , N. . (2023). Akulturasi Islam Dalam Adat Sampulo Rua Di Desa Manimbahoi Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa ( Studi Antropologi Agama ). EKONOMEKTRIKS, 6(2), 59-69. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/187
Bagian
Articles

Referensi

Ariska, Nurul. “Ritual Balle Sumanga, Pada Masyarakat Desa Manimbahoi Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa (Tinjauan Teologi)”. Skripsi. Makassar: Fak. Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri alauddin Makassar. 2020

.Dapartemen Agama RI. Al-quran dan Terjemahannya.

Ghasali, Adeng Muchtar. Antropologi Agama: Upaya Memahami Keragaman Kepercayaan, Keyakinan, dan Agama. Bandung. 2011

Mulyana, Deddy. Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Linnya. Bandung; PT Remaja Rosdakarya. 2003.

Prawironegoro, Darsono DR, SE, SF, MA. MM. Budaya organisasi. Cet. I Jakarta: Nusantaraa Consulting. 2010.

Ragawino, Bewa. Pengantar dan Asas-asas Hukum Adat Indonesia. Bandung; Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran. 2008.

Siyoto, Sandu, & Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta; Literasi Media Publishing. 2015.

Saleh, Marhaeni. Pengantar Teologi Islam. Cet. III Alauddin University Press: Makassar. 2017.

Siombi, Marhaeni Ria. Hukum Adat. In: Asas-asas Hukum Adat. Jakarta: Universitas Terbuka. 2014.

Subhi, Muhammad Rifa’in. Penelitian Agama Menurut H.A. Mukti Ali dan Kontribusinya Terhadap Pendidikan Islam. Jurnal Madaniyah. 2015.

Thohir, Ajid. Perkembangan Peradaban di Kawasan Dunia Islam: Melacak Akar-akar Sejarah, Social, Politik, dan Budaya Umat Islam. Cet. I; Jakarta: PT. Raja Grafindo, Persada. 2004.