Persepsi Kepala Sekolah dan Guru Terhadap Penghapusan Ujian Nasional (UN)

Isi Artikel Utama

Yohanes Mersi
Muhammad Azis
Husain AS

Abstrak

Tercapainya pendidikan dan lulusan yang berkualitas tentu tidak terlepas dari persepsi kepala sekolah dan guru dalam bertindak dan mengambil keputusan tentang kebijakan pendidikan yang dikeluarkan pemerintah salah satunya penghapusan ujian nasional (UN). Tujuan penelitian ini untuk mengatahui persepsi kepala sekolah dan guru terhadap penghapusan ujian nasional (UNBK) di SMPN 17 Makassar. Hal yang mendasari peneliti melakukan penelitian ini  karena kebijakan yang ada bertolak belakang dengan visi dan misi sekolah tersebut. Metode yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru berjumlah 9 orang. Pengumpulan data mengunakan triangulasi teknik, data yang diperoleh kemudian di analisis sesuai dengan teknik pengumpula data yang digunakan. Hasil penelitian mengungkapkan (1) pada aspek pendapat diketahui bahwa kepala sekolah dan guru melihat penghapusan (UNBK) kurang tepat karena akan mempersulit dalam mengukur kualitas dari pendidikan, (2) pada aspek tangapan diketahui bahwa kepala sekolah dan guru kurang memberikan respon yang baik terhadap kebijakan pemerintah tentang penghapusan (UNBK), (3) pada aspek persiapan akademis diketahui bahwa SMPN 17 Makassar sudah memenuhi standar pelaksanaan (UNBK).

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mersi, Y. ., Azis, M. ., & AS, H. . (2023). Persepsi Kepala Sekolah dan Guru Terhadap Penghapusan Ujian Nasional (UN). EKONOMEKTRIKS, 6(2), 21-30. Diambil dari https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jie/article/view/180
Bagian
Articles

Referensi

Alkhalifi, Y., Gata, W., Prasetyo, A., & Budiawan, I. (2020). Analisis Sentimen Penghapusan Ujian Nasional pada Twitter Menggunakan Support Vector Machine dan Naïve Bayes berbasis Particle Swarm Optimization. Jurnal : CoreIT, 6(2), 71–78. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/coreit/article/view/9723

Bachri. (2012). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. (Penerbit Universitas Negeri Surabaya).

Ekosiswoyo, R. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Eefktif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan. Jurnal : Ilmu Pendidikan, 4(2), 76–82. https://media.neliti.com/media/publications/113918-ID-kepemimpinan-kepala-sekolah-yang-efektif.pdf

Elsa palar, D. (2018). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Pada Pembelajaran PKN Di SMA Negeri 1 Tompaso. Jurnal : PPKn, 3(2), 1–6.

Fitriyana, A. (2020). Perasaan Anak yang Lulus di Era Covid-19. Jurnal Pendidikan, 4(1), 1–14.

Ghan, S., & Zharfa, M. (2020). Pengaruh Penghapusan Ujian Nasional Terhadap Motivasi Belajar Perserta Didik Di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 184–196.

Hidayat, G., & Body, R. (2021). Persepsi Guru-Guru SMKN 5 Padang Tentang Penghapusan Ujian Nasional (UN). Jurnal : Applied Science In Civil Engineering, 2(1), 185–189.

Imaduddin, A. (2019). Menalar Urgensi Penghapusan Ujian Nasional Demi Keadilan Siswa, Guru dan Sekolah Pasca Putusan Mahkamah Agung Nomor: 2596 K/PDT/2008. Jurnal of Islamic Elementary Education, https://doi.org/https://doi.org/10.51675/jp.v1i2.76.

Muchlis, M. (2019). Karakteristik Guru Teladan Dalam Tinjuan Al-Quran Surah Al-Kahf Ayat 65. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 3(1), 561–575. https://doi.org/10.52266/tadjid.v3i1.247

Moleong, J. Lexy. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. (Penerbit Jakarta Depdiknas).

Nur, L. (2020). Asesemen Ujian Nasional Dari Masa Ke Masa Dan Solusinya. Al-Mafahim : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 11–20.

Nurtan, N., Bahrudin, I., Isnain, T., Edi Susilo, M., Rizki Kusuma Wardani, D., & Anggela, M. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Di Smk Negeri 2 Sangatta Utara. Jurnal : Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 3(1), 17–27. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v3i1.25

Prasetyo, O., & Pratomo, A. R. (2021). Evaluasi Penghapusan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4102–4107. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1281

Rosita, E., Erihadiana, M., Rochman, C., & Mansyur, A. S. (2020). Kompetensi Profesional Dan Karakteristik Guru Pada Masa Pandemik. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 314. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v9i2.3124

Simbolon, K. (2020). Ujian Nasional Sebagai Penentuan Kelulusan Merugikan Peserta Didik. (Penerbit Jakarta Universitas Kristen Indonesia), Vol (57).

Sinambela, P. (2020). Analisis Mengenai Dampak Penghapusan Ujian Nasional terhadap Kelulusan Peserta Didik Jenjang SMP di Era Pandemik Covid-19. Original Research: ProsidingSeminar Nasional DanDiskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, 30, 281–290.

Sudharta, V. A. (2017). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Perspektif Psikologi. Jurnal : Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(3), 208–217. https://doi.org/10.17977/um025v1i32017p208

Sulaiman, A., Zein, A., & Nahar, S. (2017). Karakteristik Guru Perspektif M . Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah. JURNAL : Edu-Riligia, 1(1), 49–63. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/872-1967-1-SM .pdf

Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.272

Tuankotta, L. N., & Jana, P. (2021). Respon Guru Nasional Mmatematika Terhadap Penghapusan Ujian Nasional. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(3), 26–36.

Usiono Rica, W. A. (2021). Evaluasi Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Pengembangan Profesionalisme Guru. Cybernetics : Journal Educational Research and Social Studies, 2(3), 55–65.